PANGANDARAN – Senin (13/3), diantara serangkaian penandatangan nota kesepahaman yang dilaksanakan di Gedung Kampus Sementara Universitas Padjajaran (Unpad) Pangandaran, ditandatangani juga nota kesepahaman antara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), tentang Peningkatan Mutu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam rangka mendukung program kepemudaan dan keolahragaan.

Dalam sambutannya, Menpora Imam Nahrawi mengingatkan kita pada amanat presiden bahwa semua kementerian lembaga tidak boleh jalan sendiri-sendiri, harus bersinergi satu sama lain. Nota kesepahaman ini adalah salah satu bentuk sinergi antara Kemenpora dengan Kemenristekdikti.

“Semua kementerian harus betul-betul bersinergi satu sama lain. Salah satu kerjasama Kemenpora adalah memberikan dukungan yang luar biasa bagi pengembangan olahraga Unpad lewat Aquatik Stadium. Meskipun Unpad belum ada Fakultas Olahraga, tapi pasti ada kaitannya dengan Fakultas Perikanan, Maritim dan Aquatik Stadium,” ujar Menpora.

Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan pada kesempatan yang sama bahwa Kerjasama dengan Menpora berkaitan dengan pengembangan sarana olahraga untuk bidang aquatic, Kemenristekdikti akan mendorong pengembangan kedoktoran olahraga yang ada di Unpad agar bisa membantu tentang kesehatan, nutrisi, dan hal lainnya yang berkaitan dengan olahraga.

“Semoga komitmen bersama kedua Kementerian ini dapat meningkatkan mutu Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat, yang akan mendukung program Kepemudaan dan Keolahragaan,” tutup Nasir. (FLH)