Muhammad Faris (Fasilkom 2013) menciptakan sebuah aplikasi bertajuk “Quran Challenge” , sebuah aplikasi yang dapat membantu kita menyelesaikan bacaan Alquran dengan lebih menyenangkan.

Pembuatan aplikasi ini bermula dari keinginan Faris untuk mulai menghafalkan Alquran pada tahun 2014 yang ternyata harus dimulai dari kegiatan memperbaiki bacaan terlebih dahulu.

Dari situ ia mulai terpikir untuk membuat suatu aplikasi yang dapat membuat proses membaca Alquran menjadi lebih menyenangkan.

Akhirnya, pada tahun 2016, ia mewujudkan angan tersebut dalam sebuah aplikasi berbasis web (web-app) pembaca Alquran dengan desain dan konsep seperti bermain game.

Dalam sistemnya, aplikasi ini mempunyai konsep reward & achievement yang didapat ketika penggunanya sudah menyelesaikan beberapa ayat atau juz dan mencapai level tertentu.

“Poin yang dikumpulkan dari kegiatan membaca Quran bisa ditukar dengan item seperti item translate, ataupun item gerak tombol otomatis yang nantinya juga akan memudahkan pengguna,” ujar Faris menambahkan.

Selain itu aplikasi ini juga menyediakan tantangan-tantangan untuk membaca sejumlah ayat yang dapat diselesaikan untuk meningkatkan level .

Dari segi kemudahan, aplikasi ini juga menampilkan tulisan bacaan Alquran dengan animasi gerak, yang membuat penggunanya merasakan pengalaman baru membaca Quran.

Saat ini, aplikasi ini dapat diunduh langsung di Google Play Store atau melalui tautan https://quranchallenge.id/ untuk sistem operasi iOS dan Android.

Dalam waktu dekat  fitur grup dan tajwid akan ditambahkan sehingga diharapkan aplikasi ini akan berkembang lebih baik lagi kedepannya.

“Rencana jangka panjangnya juga kami akan berkolaborasi dengan komunitas tilawah dan pengembang aplikasi lain untuk meluaskan manfaat dari aplikasi ini,” tambahnya.

Faris berharap aplikasi ini akan membantu banyak orang dalam membaca dan menghafalkan Alquran, terutama dalam mengatasi rasa bosan dan kantuk ketika membaca.

Penulis: Wanda Ayu A.