TANA TIDUNG – Dalam rangkaian kunjungan kerja dan kegiatan safari Ramadhan, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengunjungi Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara, memberikan kuliah umum di Pendopo Balai Djafarudin pada Jum’at (9/6).

Sebelum itu, Menristekdikti menyempatkan diri meninjau kegiatan belajar mengajar di SMPN 1 Sesayap didampingi Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti Didin Wahidin, Bupati Tana Tidung Undunsyah, dan Wakil Bupati Markus Yungking. SMPN1 Sesayap sendiri sudah menerapkan sistem boarding school dan ujian dengan computer base.

Dalam sambutannya, Bupati Tana tidung Undunsyah menjelaskan prospek daerahnya dari tahun ke tahun. Ia menceritakan, Kabupaten Tana Tidung adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Utara yang disetujui pembentukannya pada Sidang Paripurna DPR RI pada tanggal 17 Juli 2007. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari 3 wilayah kecamatan di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Timur, Kabupaten ini merupakan bagian dari Provinsi Kalimantan Utara, seiring dengan pemekaran provinsi baru tersebut dari Provinsi Kalimantan Timur.

Sementara itu, Menristekdikti Mohamad Nasir dalam paparannya menjelaskan, kedatangan Kemenristekdikti ke Kabupaten Tana Tidung salah satunya adalah untuk melihat secara langsung kondisi perkembangan sumber daya manusia. Menurutnya, sesuai nawacita Presiden Republik Indonesia, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab Kemenristekdikti untuk meningkatkan mutu dan kualitas hidup bangsa melalui pendidikan dan pelatihan. Jika sebuah daerah memiliki sumber daya manusia yang tidak berkualitas, maka implikasinya adalah pertumbuhan ekonomi yang tidak baik. Ia juga menekankan agar dapat membangun sumber daya manusia yang kuat dari daerah pinggiran untuk tercapainya kesejahteraan.

Dalam kegiatan kunjungan kerja ini pula, Menristekdikti mengisi ceramah agama dan sholat tarawih bersama dengan masyarakat Tana Tidung di Masjid Agung Attaqwa. (MR)