Assalammua’laikum Wr. Wb.Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah Yang Maha Esa, karena berkat Rahmat dan Hidayah-Nyalah kita semua diberikan kesempatan untuk berada di tempat ini dalam rangka Pelantikan Direktur Jenderal di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

 

Hadirin  yang saya hormati,Saya menyampaikan selamat kepada para pejabat yang telah dilantik yang dipilih melalui proses seleksi terbuka sesuai UU ASN Nomor 5 tahun 2014.  Semoga saudara-saudara dapat mengembang amanat sesuai dengan sumpah jabatan pada pelantikan yang baru saja saudara-saudara ucapkan.Kepada para pejabat lama, saya sampaikan penghargaan dan terima kasih atas kerja sama dan pengabdian saudara-saudara di Kemenristekdikti.

 

Ada 2 sasaran strategis paling penting dari Kemenristekdikti untuk periode 5 tahun mendatang:

1. peningkatan mutu pendidikan tinggi 

2. Hilirisasi hasil penelitian 

Untuk itu bagi para Direktur Jenderal yang baru saja dilantik, saya harapkan untuk dapat segera melaksanakan program-program kerja tahun 2015 yang telah direncanakan yang antara lain meliputi:

 

Untuk Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi: (1) memetakan hasil-hasil penelitian di perguruan tinggi dan lembaga penelitian yang ada di LPNK, dan lembaga di luar Kemenristekdikti; (2) secara proaktif memfasilitasi terjadinya kerjasama triple helix agar segera bisa dihasilkan produk-produk inovasi yang bermanfaat secara langsung bagi masyarakat.

 

Untuk Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan: (1) memfasilitasi perguruan tinggi dan lembaga ristet diluar perguruan tinggi untuk terus meningkatkan hasil penelitian yang siap dilaklukan hilirisasi; (2) melakukan sinergi lembaga penelitian di perguruan tingi dengan lembaga penelitian diluar perguruan tinggi.Untuk Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan: (1) segera menyelesaikan penyempurnaan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI); (2) memfasilitasi implementasi SNPT secara menyeluruh; (3) mengembangkan kegiatan kemahasiswaan yang  dapat mendukung peningkatan kompetensi mahasiswa.
Untuk Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti: (1) meningkatkan mutu lembaga Iptek dan Pendidikan Tinggi; (2) menertibkan perguruan tinggi yang melanggar aturan; (3) meningkatkan kualitas layanan kelembagaan yang meliputi perijinan, usulan program studi, fakultas dan kelembagaan lainnya; (4) memfasilitasi perguruan tinggi di Indonesia untuk bisa masuk menjadi 500 terbaik di dunia. 

 

Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti: (1) mengintegrasikan SDM yang ada di Ristek dan Dikti; (2) menyiapkan SDM Ristekdikti agar dapat mendukung peningkatan mutu pendidikan tinggi dan inovasi; dan (3) mengawal pembangunan sarana prasarana agar selesai tepat waktu dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

 

Hadirin sekalian yang saya hormati,
Memperhatikan bahwa sekarang ini sudah akhir bulan Juni, para Dirjen harus bekerja dengan cepat untuk menyelesaikan restrukturisasi terutama pengisian jabatan-jabatan eselon 2 dan 3 dibawahnya agar program-program kerja tahun 2015 bisa segera diselesaikan dengan baik.
Selanjutnya saya mohon kepada para Dirjen untuk terus memperbaiki governance di lingkungan Kemenristekdikti sehingga opini BPK terkait dengan Laporan Keuangan Kemenristekdikti yang sudah WTP tetap bisa dipertahankan dan ditingkatkan.

 

Bagi para istri yang mendampingi para pejabat yang dilantik hari ini, saya berharap bisa memberikan dukungan kepada suaminya sehingga bisa menjalankan tugasnya dengan baik.Akhir kata saya menyampaikan kepada Saudara-saudara yang dilantik saat ini agar dapat melaksanakan amanah ini dengan baik dan penuh tanggungjawab serta dedikasi yang tinggi. Semoga Tuhan Yang Maha Esa membimbing kita semua. Amin.  
Demikian yang dapat saya sampaikan, apabila ada kata-kata saya yang kurang berkenan saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya.
Wabillahi Taufiq Wal Hidayah Wassalammu a’laikum Wr. Wb.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Mohamad Nasir