Washington DC 10 April 2017. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington DC bekerjasama dengan Badan Bahasa Kemdikbud serta Consortium for the Teaching of Indonesia (COTI) menyelenggarakan pelatihan pembelajaran Bahasa Indonesia pada tanggal 7-9 April 207. Selain dosen-dosen dari universitas anggota COTI serta pengajar dari sekolah diplomat AS, hadir pula masyarakat yang secara independen mengembangkan Bahasa Indonesia di Amerika Serikat.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Ismunandar, menyampaikan acara ini merupakan wadah untuk saling berbagi berbagai praktik baik pembelajaran Bahasa Indonesia di berbagai universitas dan lembaga di AS, serta perkembangan pembelajaran Bahasa Indonesia di tanah air.

Di AS Bahasa Indonesia diajarkan di lebih dari 16 universitas, termasuk universitas papan atas Yale, Cornell, Harvard, UC Berkeley, UCLA. Selain itu KBRI dan KJRI-KJRI di AS juga memberikan pembelajaran Bahasa Indonesia. Ismunandar juga menyampaikan bahwa masyarakat Indonesia di AS kini juga mulai mengadakan kelas-kelas Bahasa Indonesia untuk putra-putri diaspora Indonesia di AS.

Sekretaris Badan Bahasa, Prof Ilza Mahyuni, dan Kepala Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan, Prof. Emi Emilia., Ph.D, menyampaikan bahwa pengembangan Bahasa Indonesia di luar negeri merupakan salah satu program unggulan Badan Bahasa, selain  program penyusunan bahan ajar BIPA, fasilitasi institusi penyelenggara BIPA, penyiapan laboratorium Kebhinekaan Bahasa. (Atd)