Tim Fasilkom UI meraih peringkat 34 di ajang ACM ICPC (International Collegiate Programming Contest) 2017 yang diselenggarakan di Rapid City, South Dakota, Amerika Serikat pada tanggal 24 Mei 2017.

Peringkat ini merupakan prestasi tersendiri bagi UI karena ACM ICPC adalah ajang kompetisi pemrograman yang tertua, terbesar, dan kontes paling bergengsi di dunia.

Persaingan di ajang ini juga kompetitif  karena sistem seleksi yang bertingkat dan berlapis yang dilakukan di tingkat nasional, regional, dan internasional.

Dari 2948 universitas yang mendaftar pada kompetisi ini, hanya 132 tim yang dinyatakan sebagai finalis dan berhak mengikuti seleksi final di Amerika Serikat.

Tim UI-Fasilkom terdiri dari Rakina Zata Amni (Fasilkom UI 2013), Zamil Majdy (Fasilkom UI 2014) dan Muhammad Ayaz Dzulfikar (Fasilkom UI 2015) beserta pelatih Denny (Dosen Fasilkom UI).

Dalam upaya persiapan untuk mengikuti babak final ini, tim telah melakukan latihan persiapan yang meliputi pemantapan materi  dan speed practice.

ACM-ICPC adalah kompetisi pemrograman tahunan antar perguruan tinggi di seluruh dunia yang diselenggarakan oleh Association for Computing Machinery (ACM) dan disponsori oleh IBM.

Partisipan terdiri dari beberapa puluh ribu mahasiswa ilmu komputer dari hampir 2.000 perguruan tinggi dari  lebih 80 negara di enam benua.

Kompetisi ini membutuhkan nalar kreatifitas, kerjasama, dan inovasi dalam membangun  suatu program perangkat lunak.  Selain itu, ajang ini juga memaksa para pesertanya untuk dapat tampil di bawah tekanan.

Penulis: Humas Fasilkom UI