Ahmad Fajri, mahasiswa program studi Analis Keuangan Politeknik Negeri Semarang (Polines) berhasil menorehkan prestasi bergengsi tingkat nasional pada ajang BPK Audination 2017 : Olimpiade Audit Untuk Negeri pada cabang lomba Audea (karya tulis) yang diselenggarakan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) di Pusdiklat BPK RI Jakarta Selatan, (27-30/11).
Prestasi ini dianggap bergengsi karena penyelenggaranya adalah BPK, dimana tujuan dari olimpiade ini adalah BPK sedang mencari calon-calon auditor handal dari semua perguruan tinggi nasional dan swasta di seluruh Indonesia. BPK Audination ini merupakan olimpiade audit yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Total peserta dalam olimpiade audit untuk negeri (BPK audination) ini adalah 752 peserta dari 114 perguruan tinggi di Indonesia. Pada ajang ini, keluar sebagai juara umum diraih oleh Politeknik Keuangan Negara STAN.
Fajri, demikian biasa dia disapa, mahasiswa angkatan 2014, berhasil memperoleh gelar juara ke dua setelah UGM, dari total lebih dari 70 universitas yang ikut serta dalam cabang lomba audea (karya tulis). Dalam karya tulis yang ia susun dibawah dosen pembimbing Iwan Budiyono, S.E., M.Si., Akt., CA, Fajri mencoba memberikan solusi kepada pemerintah untuk meningkatkan keandalan, transparansi dan akuntabilitas laporan keuangan serta meminimalisir tindak korupsi dan kecurangan dalam menyusun laporan keuangan melalui program penerapan audit eksternal. Alhamdulillah aku bersyukur bisa dapet juara kedua,ungkapnya bangga., Meski bukan yang terbaik, lanjutnya, tapi yang terpenting baginya adalah mengenalkan dan membawa nama harum almamater itu sudah cukup. Saya bercita-cita menjadi bagian dari auditor BPK RI ujar finalis mahasiswa berprestasi tingkat nasional tahun 2016 ini.
Apresiasi yang di berikan oleh BPK RI untuk para juara adalah learning journey yang akan berlangsung di Jakarta dan Yogyakarta yang akan dilangsungkan pada bulan Januari tahun depan.
Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Polines, Rustono, SE,MM terus mendorong mahasiswa berprestasi menurut minat dan bakatnya. Prestasi di BPK Audination 2017 menambah daftar prestasi yang diraih mahasiswa Polines di penghujung tahun ini,ungkapnya bangga. Harapannya tahun depan Tim Polines bisa ikut dalam semua cabang lomba dan meraih prestasi yang lebih baik lagi .
Selain cabang Audea (karya tulis), tim Politeknik Negeri Semarang juga mengirimkan delegasi untuk cabang lain seperti Auditisme (Debat Audit) yang diwakili oleh Winda Ihda Maghfiroh (Analis Keuangan 2014), Agustina Wahyu Widayati (Analis Keuangan 2015) dan Ummu Qurrota Ayun (Analis Keuangan 2015). Serta cabang Audicreate (Karya Publikasi Inovasi Auditing) yang diwakili oleh Bayu Aji (Analis Keuangan 2014), Rizki Dini Sandra Yunita (Analis Keuangan 2014) dan Yunvarinda (Analis Keuangan 2015).