PDD Polewali Mandar merupakan kelompok PDD batch 2 dan telah mewisuda angkatan pertama pada tahun 2016. Total anggaran yang sudah di investasika oleh Kemenristekdikti sampai tahun ke-5 penyellenggaraan PDD Polewali Mandar telah mencapai kurang lebih Rp 11.248.000.000,- ini sudah termasuk untuk investassi peralatan, ujar Direktur Politeknik Negeri Pontianak mengawali sambutannya pada wisuda  PDD Polewali Mandar Politeknik Negeri Pontianak tahun Akademik 2016/2017. Lebih lanjut diutarakannya, kendala minimnya minat masyarakat masuk di PDD Polewali Mandar merupakan salah satu indicator dalam penilaian keberhasilan penyelenggaraan PDD oleh Kemenristekdikti. Hasil evaluasi yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti selama tiga tahun terakhir pada PDD Polewali Mandar rintisan Akademi Komunitas Polewali Mandar, termasuk salah satu PDD di seluruh Indonesia yang masuk dalam kelompok yang tidak dapat menjadi satker, dikarenakan progress yang agak lambat.

Diakuinya, komitmen pemerintah daerah untuk mendukung penyelenggaraan PDD Polewali Mandar cukup besar dan salah satunya adalah akan menganggarkan setiap desa untuk mengirim lulusan SMA/SMK untuk kuliah di Akademi Komunitas Polewali Mandar melalui anggaran desa untuk tahun akademik 2016/2017. Namun pihak Kemenristekdikti tetap menetapkan agar PDD Pembina kami akan mewisuda 29 orang hari ini yang merupakan tanggung jawab kami menyelesaikan sisa mahasiswa aktif.

Dalam sambutannya, Direktur Politeknik Negri Pontianak Muh. Toasin Asha berharap pemerintah daerah Sulawesi Barat  dan khususnya pemerintah Kabupaten Polewali Mandar tidak berputus asa, karena beradasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI nomor: 1 Tahun 2017 tentang Pembukaan, Perubahan dan Penutupan Program Studi di Luar Kampus Utama Perguruan Tinggi, pihak daerah masih diberikan kesempatan untuk mendirikan Politeknik melaluui PSDKU, yaitu Program Studi di Luar Kampus Utama. Harapan masyarakat Sulawesi Barat khususnya Kabupaten Polewali Mandar untuk mendirikan Perguruan Tinggi Vokas masih terbuka. Dikatakanny, sebagai pimpinan Politenik Negeri Pontianak saya berharap pemerintah Sulawesi Barat tetap berupaya mencari peluang untuk mendirikan Perguruan Tinggi Vokasi, terutama untuk meningkatkan akses  masyarakat masuk ke Perguruan Tinggi agar semakin mudah dan ini akan berdampak langsung pada peningkatan kualitas SDM yang tentunya akan memberikan efek domino yang lebih luas pada berbagai sektor kehidupan masyarakat. Diingatkannya, persaingan global saat ini tidak cukup mengandalkan sumberdaya alam saja, tanpa dukungan sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh karena itu, peningkatan tingkat pendidikan masyarakat menjadi sangat penting. Jika sumber daya alam yang kita miliki dikelola oleh sumber daya manusia yang berkualitas, maka produk hasil pengelolaan sumber daya alam akan mempunyai nilai tambah yang sangat tinggi. Itulah kami berharap pemerintah Sulawesi Barat tidak ragu melakukan investasi pada peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia yang bersifat jangka panjang, harap Direktur. Pada wisudawan Direktur mengingatkan, kesuksesan dan keberhasilan yang dicapai sampai hari ini tentunya tidak terlepas dari peran serta dari berbagai pihak, terutama doa restu ke dua orang tua, keluarga dan ketuluan para dosen dalam membimbing dan memberikan ilmu dan keterampilannya. Pesan Direktur pada wisudawan untuk tetap memberikan kontribusi  untuk memajukan daerah terutama dalam mengelola potensi sumber daya alam yang melimpah yang ada di Wilayah Propinsi Sulawesi Barat. Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur dan jajarannya, Bapak Bupati dan jajarannya, Ketua DPRD, para pimpinan dunia usaha dan industry yang telah memberikan dukungan dan kerjasama selama berdirinya PDD AK Polewali Mandar. Kepada orang tua wisudawan, saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan dalam menitipkan anak-anaknya untuk mengikuti pendidikan PDD AK Polewali Mandar. Dan permohonan maaf kami kepada semua pihak, jika dalam proses mendidik anak ada hal-hal yang masih kurang berkenan dan belum sesuai dengan harapan bapak/ibu dan masyarakat Polewali Mandar. Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh staf pengajar PDD Polewali Mandar, para staf administrasi atas kerja keras dan ketulusannya dalam tugas  dan mendidik mahasiswa sehingga berhasil menyelesaikan studinya dan diwisuda hari ini, ujar Direktur mengakhiri sambutannya.

(Erwandi – Pranata Humas Muda)