PKM Polnep di Desa sungai bakau besar laut kec sungai pinyuh Kabupaten Mempawah kembangkan Potensi Lokal pisang dan buah naga denga metode penyuluhan berupa penyampaian materi. Kegiatan yang dilaksanakan ini bersumber dari dana  Kemenristekdikti tahun 2018. Kami ucapkan terimakasih kepada kemenristek dikti, ujarnya.

 

Kegiatan ini dihadiri dan dibuka oleh Pj Kepala desa Sungai Bakau Besar Laut yang diwakili oleh bapak Iwan Supardi dan dihadiri ibu PKK dan ibu Kelompok tani sebagai peserta kegiatan.

 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) oleh Tim dosen Poleknik Negeri Pontianak

di Desa sungai bakau besar laut Kecamatan sungai pinyuh Kabupaten mempawah, dilaksanakan  Sabtu, 28 april 2018. Pelatihan yang diberikan dalam PKM tersebut tentang pengkayaan olahan pangan berbasis pisang dan buah naga.

Tim PKM Polnep diketuai Lamria Mangunsong STP MSc, dosen Jurusan Teknologi Pertanian, Prodi TPHP dengan anggota tim ibu Tri wahyuarini jurusan administrasi bisnis dan sari zawitri dari jurusan akuntansi. Dalam kegiatan tersebut hadir pula Joniadi, wakil UPPM Polnep; teknisi Arina serta mahasiswa  Nur supandi, Hafifah dan Ramadan.

 

Ketua Tim PKM Lamria mengatakan, kegiatan Pengabdian masyarakat merupakan salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan setiap dosen/staf pengajar. Kegiatan ini diharapkan dapat membuka wawasan dan pengetahuan, serta menambah keterampilan masyarakat mitra degan pengembangan iptek tepat guna  dalam bentuk melakukan diversifikasi pangan, mengolah potensi lokal berupa pisang dan buah naga menjadi produk yang variatif dan inovatif  dalam memperbaiki perekonomian dan meingkatkan kesejahteraan masyarakat mitra, jelasnya.

 

Alhamdulillah, kegiatan ini mendapat respon positif dari aparat desa dan mitra ibu PKK dan ibu kelompok tani. Ibu Ketua PKK Purnawati  mengucapkan, alhamdulillah dan terimakasih kepada tim Polnep telah memberikan pengetahuan dan pelatihan olahan pisang dan buah naga yang sangat bermanfaat bagi kami semoga hasil kegiatan ini bisa memotivasi kami untuk membuka usaha bersama dan dapat di sajian sebagai hidangan keluarga dirumah sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan kami. Kita berharap Tim Polnep tidak berhenti untuk memberikan pelatihan pada masyarakat desa Sungai Bakau, ujarnya berharap.