E-pustaka ON 27 May 2019
2939

Laporan Tahunan Kemenristekdikti 2018

Membangun pendidikan, utamanya pendidikan tinggi di Indonesia bukanlah hal yang mudah. Diperlukan usaha dan kerja keras lebih dari biasanya sehingga kualitas dari sisi kelembagaan dan lulusan yang dihasilkan sesuai dengan keinginan zaman sekarang.

Revolusi industri 4.0 yang sangat tergantung pada teknologi dan inovasi ikut mempengaruhi kebijakan-kebijakan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi agar searah dengan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dicanangkan oleh Pemerintah. Revolusi industri 4.0 pulalah yang pada akhirnya menuntut proses pembelajaran di perguruan tinggi mulai berubah. Kalau tidak diubah, maka kitalah yang akan semakin ketinggalan dari Negara lain baik dari lulusan yang tidak sesuai dengan zaman now, maupun ketidakbiasaan menggunakan teknologi.

Hal tersebut yang menjadi dasar kebijakankebijakan untuk program studi dan pembelajaran diubah lebih kekinian dan diminati banyak orang. Output dan outcome nya pun akan semakin jelas di masa mendatang. Kita menanam benih di masa sekarang untuk dituai di masa mendatang. Dan hasil tuainya akan menjadi penunjuk keberhasilan kita membangun SDM yang unggul dan sesuai zaman.

View Fullscreen