Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI), Universitas Gadjah Mada, mendapatkan penghargaan sebagai juara ke-2 (runner-up) dalam ajang BKSTI awards. Penghargaan diberikan oleh Badan Kerja Sama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri (BKSTI) Indonesia dalam acara Kongres VIII BKSTI di Batu, Malang pada 4-6 Oktober 2017. BKSTI adalah organisasi bertaraf nasional yang menghimpun semua penyelenggara program studi teknik industri di Indonesia.

BSKTI awards mengevaluasi tingkat keaktifan lembaga himpunan mahasiswa dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan keilmuan dan non-keilmuan yang bermanfaat serta capaian dan prestasi dari anggotanya pada tingkat internasional dan nasional. Sekretaris Program Studi S1 Teknik Industri, Dr. Budi Hartono, menyatakan HMTI UGM telah mendapatkan penghargaan BKSTI awards sebanyak dua kali berturut-turut. Lebih lanjut, Dr. Budi Hartono menyatakan bahwa prestasi yang konsisten tersebut dapat diraih karena HMTI telah memiliki sistem perencanaan kegiatan dan anggaran, pelaksanaan, serta evaluasi yang baik. Untuk mendorong prestasi mahasiswa, program studi memiliki Sistem Juara Teknik Industri (SiJUTI).

“Di dalam sistem tersebut, terdapat peta lomba, prosedur seleksi internal perwakilan lomba, tata cara bantuan pendanaan, tata cara pemilihan mentor dan pelaksanaan mentoring, scouting dan regenerasi,”kata Budi, Selasa (10/10).

Sementara itu, Ketua Program Studi S1 Teknik Industri, Dr. Bertha Maya Sopha, menambahkan bahwa semua capaian dapat diraih karena adanya semangat untuk selalu menjadi lebih baik (dengan slogan #better) serta dukungan penuh dari semua pemangku kepentingan. Termasuk di dalamnya adalah Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik, alumni dan utamanya mahasiswa di dalam wadah HMTI. Ketua HMTI, Bonifasius Bramantya, menyambut capaian ini dengan syukur dan berkomitmen untuk secara bersama bekerja lebih keras di masa mendatang.

Tim Peneliti Dinobatkan sebagai Pemakalah Terbaik

Dalam acara tersebut, empat tim peneliti dari Teknik Industri, Departemen Teknik Mesin dan Industri, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada juga mendapat penghargaan sebagai pemakalah terbaik dalam sub-bidang yang berbeda. Makalah-makalah tersebut mewakili empat dari delapan sub-bidang keilmuan yang berbeda berdasar hasil seleksi dengan menggunakan kriteria kualitas kajian ilmiahnya. Sekitar 240 makalah ikut berpartisipasi dalam seminar tersebut.

Keempat tim peneliti beserta judul makalahnya, yaitu bidang ergonomika, Dr. Rini Dharmastiti sebagai ketua tim mempresentasikan makalah dengan judul “Pengaruh Jenis Musik dan Volume Suara terhadap Situational Awareness Pengemudi”. Dr. Subagyo menyampaikan makalah pada bidang pengembangan produk dengan judul “Pola Kesuksesan Produk-Produk Industri Kreatif”. Sementara itu, Dr. Bertha M. Sopha dan tim menyampaikan makalah pada bidang supply chain management dengan judul “Effectiveness of Integrated Location-Routing Problem”. Dr. M.K. Herliansyah menyampaikan makalah bertajuk “Pengembangan Produk Bovine Hydroxyapatite-Magnesium Oxyde Bone Scaffold melalui Indirect Fused Deposition Method”. (Humas UGM/Satria)