MEULABOH –  Senin, (05/05/2018), sebanyak 523 tim mahasiswa se-Indonesia mengikuti kompetisi nasional 4th UTU Awards yang rutin digelar oleh Universitas Teuku Umar setiap tahunnya. Dari sebanyak 523 tim tersebut dipilih 5 nominasi terbaik pada 4 kategori perlombaan yang meliputi Kategori Perencanaan Bisnis, Karya Innovatif Berbasis Agro dan Marine, Kategori  Riset Berbasis Entrepreneurship serta kategori Desain Toko Online.

Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE, MBA menyambut baik atas antusiasnya para mahasiswa se-Indonesia mengikuti ajang 4th UTU Awards. Prof. Jasman menyampaikan bahwa pada UTU Awards tahun ke-4 ini diikuti oleh 523 tim yang berasal  dari 87 Perguruan Tinggi dengan rincian, 67 Universitas, 9 Politeknik, 6 Institut, 5 Sekolah Tinggi dari seluruh Indonesia. Sementara itu jika melihat berdasarkan status perguruan tingginya, maka dari Perguruan Tinggi Negeri sebanyak 60 kampus dan swasta 27 kampus di Indonesia.

Secara lebih rinci Prof Jasman menyampaikan bahwa kampus terbanyak pendaftar adalah Universitas Brawijaya (UB) yakni sebanyak 101 tim, Institut Pertanian Bogor (IPB) sebanyak 33 tim, Universitas Teuku Umar 31 tim, Universitas Gajah Mada 25 tim, Universitas Diponegoro tim 22, Universitas Islam Indonesia 22 tim, Universitas Sumatera Utara 21 tim, Institut Teknologi Bandung 20 tim, Universitas Syiah Kuala 18 tim dan selebihnya dari 78 kampus lainnya di Indonesia.

Sementara itu, dari 4 kategori yang diperlombakan mayoritas para mahasiswa mengikuti kategori Produk Inovatif yakni sebanyak 218 tim atau 42 persen, kemudian disusul kategori Perencanaan Bisnis sebanyak 155 tim (30 persen), kemudian kategori Riset Berbasis Entrepreneurship 83 tim (16 persen) serta kategori Desain Toko Online 67 tim (13 persen).

5 Nominator pada 4 kategori diundang ke UTU

Para nominasi yang masuk 5 terbaik di masing-masing bidang akan diundang ke Universitas Teuku Umar pada tanggal 6 November 2018 untuk mempresentasikan karyanya dihadapan para dewan juri yang berasal dari perguruan tinggi ternama di Indonesia seperti dari UGM, UI, ITB, IPB, Undip, Kemenristekdikti, BPPT, UB, UNY, UTU, Unsyiah, dan Universitas Bengkulu.

Sementara itu, pemberian awards dan piala Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi akan diberikan pada malam anugerah UTU Awards yang akan digelar pada tanggal 10 November 2018 di UTU.

Prof. Jasman juga menambahkan bahwa kegiatan UTU Awards pada tahun ke-4 tersebut telah mendapat sambutan yang baik dari mahasiswa seluruh Indonesia, hal ini terbukti dari data persentase jumlah pendaftar UTU Awards yang dari tahun ke tahun semakin meningkat, seperti pada 2nd  UTU Awards 2016 diikuti oleh 215 tim, 3rd  UTU Awards 2017 diikuti oleh 272 tim dan pada 4th  UTU Awards 2018 diikuti oleh 523 tim dari seluruh Indonesia.

Universitas Teuku Umar Awards (UTU Awards) menurut Prof. Jasman digelar setiap tahunnya dengan harapan agar para lulusan perguruan tinggi nantinya memiliki bekal dan berkarakter kewirausahaan atau sebagai trend setter terciptanya wirausahawan-wirausahawan baru di Indonesia.

Kegiatan ini juga menjadi starting point menggali ide kreatif dan inovatif mahasiswa, sehingga diharapkan dapat muncul gagasan atau ide baru pada bidang agro dan marine industri sesuai dengan kompetensi utama UTU.