JAKARTA – LAPAN menerima kunjungan Raja Amfoang, Roby G. J Manoh di Kantor Pusat LAPAN, Rabu (10/07). Kunjungan ini dalam rangka menghadiri pembahasan pembangunan obsevatroium nasional Timau di Nusa Tenggara Timur. Rapat yang dipimpin oleh Kepala LAPAN Prof Thomas Djamaluddin juga dihadiri oleh Christian Kameo, SH, MH dan para pemangku adat di Amfoang.

Dalam pembahasannya, Prof Thomas menyampaikan bahwa “Observatorium Nasional Timau akan menjadi objek wisata Taman Nasional Langit Gelap dan menjadi Pusat Sains yang diharapakan akan menjadikan daerah Amfoang lebih maju dalam bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan khususnya mengenai dunia keantariksaan,”ujarnya.

Lebih lanjut Thomas juga menyampaikan mengenai obsevatorium nasional ini akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, lokasi Amfoang dipilih karena cuaca dan langit daerah sekitar yang masih bagus. LAPAN bersama ITB, komunitas dan beberapa instansi yang terkait juga akan melakukan pemberdayaan masyarakat sekitar dengan program yang terkait dengan pendidikan dan lingkungan hidup.

Sementara itu, Raja Amfoang berharap dengan adanya observatorium nasional yang akan menjadi ikon nasional ini daerah Amfoang bisa lebih diperhatikan lagi. “Keberadaan obsevatorium ini juga harus memberikan kesempatan bagi warga sekitar yang ingin berkontribusi sehingga manfaatnya juga dapat dirasakan oleh warga khususnya terkait dengan kesejahteraan daerah sekitar,” ujar Roby Manoh.

Dalam pembangunan observatorium ini LAPAN akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk dinas pariwisata agar nantinya daerah Amfoang ini menjadi wisata ilimiah bagi warga maupun wisatawan domestik dan internasional untuk menikmati keindahan langit malam.

sumber :https://www.lapan.go.id/index.php/subblog/read/2019/5767/LAPAN-Bahas-Pembangunan-Observatorium-Nasional-Timau-Bersama-Raja-Amfoang/berita

Please follow and like us:
27