LAPAN bersepakat untuk menjalin kerja sama dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) dengan menandatangani Nota Kesepahaman tentang Pembinaan dan Pengembangan Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian di Bidang Penerbangan dan Antariksa. Naskah tersebut ditandatangani Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin dan Kepala BSN, Bambang Prasetya. Seremoni penandatanganan berlangsung pada saat momentum perayaan Bulan Mutu Nasional dan hari Standar Dunia Tahun 2018 di Grand City Convex, Surabaya, Kamis (25/10).

Kerja sama mencakup pengembangan standar; penerapan standar penerbangan dan antariksa; pengembangan skema dan infrastruktur penilaian kesesuaian; penelitian dan pengembangan serta diseminasi dan publikasi ilmiah; pertukaran informasi; dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Diharapkan, dengan adanya jalinan kerja sama tersebut, akan semakin mendorong pengembangan Standar Nasional Indonesia bidang penerbangan dan antariksa. Sebagaimana telah diamanahkan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan. Di dalamnya ditegaskan, pemerintah melalui LAPAN, wajib melakukan pembinaan terhadap penyelenggara keantariksaan yang meliputi aspek pengaturan dan pengendalian.

Aspek pengaturan yang dimaksud adalah menetapkan norma, standar, pedoman, dan kriteria penyelenggaraan kegiatan keantariksaan. Sementara aspek pengendalian meliputi pemberian arahan, pembimbingan, pelatihan, perizinan, sertifikasi, serta pemberian bantuan teknis di bidang pembangunan dan pengoperasian.

Kesepakatan bersama tersebut akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan perjanjian kerja sama bidang pengembangan standar penerbangan dan antariksa, serta bidang penerapan standar penerbangan dan antariksa.