Mahasiswa Fakultas Biologi UGM, Aisya Alma Asmiranti Kartika berhasil terpilih mejadi penerima penerima beasiswa Cargill Global Scholars (CGS) 2018.

Aisya dinyatakan lolos memperoleh beasiswa bersama dengan sembilan mahasiswa Indonesia lainnya. Beasiswa ini diberikan perusahaan Cargill yang merupakan perusahaan swasta internasional terbesar di Amerika Serikat yang bergerak dalam bidang bioindustri, agrikultur, bahan baku, pakan ternak dan sebagainya.

Beasiswa ini diberikan kepada 10 mahasiswa terbaik di Indonesia setiap tahunnya berdasarkan penilaian terhadap pencapaian akademik, non-akademik dan kemampuan dalam bidang kepemimpinan. Selain Aisya Alma, sembilan peraih beasiswa Cargill Global Scholars pada tahun ini berasal dari Jurusan Teknik Industri dan Teknologi Pertanian UGM serta beberapa universitas lain yaitu IPB, Universitas Brawijaya, UNS, dan Universitas Hasanuddin.

Aisya menjelaskan beasiswa yang diterimanya diperoleh melalui serangkaian seleksi yang ketat oleh The Indonesian International Education Foundation (IIEF). Proses seleksi yang dilakukan yaitu seleksi berkas dan dilanjutkan dengan tahapan wawancara oleh panelis independen ahli.

“Penerima beasiswa CGS ini mendapatkan fasilitas berupa dukungan keuangan selama dua tahun senilai USD 2,500 yang diberikan per tahun serta difasilitasi dengan mentoring secara intensif oleh para petinggi PT Cargill,” ungkapnya, dalam rilis yang diterima Kamis (11/10).

Nantinya Aisya akan dimentori oleh Derek Schoonbaert yang merupakan Cargill Protein Southeast Asia Regional Commercial Director and Country Director-Indonesia.

Beasiswa CGS ini disebutkan Aisya berfokus pada pengembangan kemampuan kepemimpinan pemuda (leadership softskill), sehingga penerima beasiswa nantinya juga diberi fasilitas In-Country Seminar (ICS) yang telah diadakan di Fairmont Hotel, Senayan, Jakarta pada tanggal 4-7 September 2018 lalu.  Dalam kegiatan ICS ini, peserta mendapatkan banyak sharing pengalaman dari alumni peraih beasiswa dan jajaran pimpinan PT Cargill Indonesia, melakukan kegiatan sosial ke sekolah mitra PT. Cargill, serta melaksanakan kunjungan ke salah satu pusat industri dan head office PT. Cargill Indonesia.

“Pada tahun kedua penerima beasiswa juga akan bergabung dalam pelatihan kepemimpinan bersama secara global (Global Leadership Seminar)  beserta penerima CGS dari negara lain yaitu Brazil, China, India, USA dan Rusia yang akan diadakan di Minneapolis, Amerika Serikat,” imbuhnya. (Humas UGM/Ika)