Pontianak – Direktur Politeknik Negeri Pontianak H. Muhammad Toasin Asha menyampaikan selamat kepada seluruh wisudawan/wisudawati  yang diwisuda, Rabu (11/9).  “Hari ini saudara sukses memperoleh gelar Sarjana Terapan, Ahli Madya dan Ahli Pratama yang merupakan akhir dalam jenjang pendidikan di Politeknik Negeri Pontianak,” ujar mengawali sambutannya pada wisuda ke-30 di auditorium Universitas Tanjungpura. Ditegaskannya, para wisudawan dapat mengimplementasikan dan mengamalkan ilmu dan kompetensi yang dimiliki dalam profesi saudara masing-masing secara profesional dan penuh tanggung jawab.

Direktur juga mengingatkan, kesuksesan dalam dunia kerja sangat ditentukan oleh berbagai faktor. Kemampuan akademik/teknik atau harrdskill yang dimiliki tidak lagi satu-satunya faktor yang menentukan. Dia juga menegaskan bahwa kemampuan tambahan yaitu soft skill harus saling terintegrasi dalam diri saudara. Softskilll meliputi kemampuan berkomunikasi/bernegosiasi, berpikir kritis (kreativitas, inovatif dan fleksibilitas), kepemimpinan/leadership, berprilaku baik (percaya diri, jujur dan disiplin), kerja tim dan etos kerja (berdedikasi tinggi, performa kepribadian). Ia juga menjelaskan bahwa tahun akademik 2019/2020 jumlah mahasiswa sebanyak 7.052 orang dari 8 Jurusan dan 30 Program Studi.

Ia juga mengungkapkan tahun 2019 Politeknik Negeri Pontianak telah memilik 1 orang Guru Besar bidang Ilmu Bahasa Inggris dan merupakan Guru Besar pertama. Dan saat ini sedang mengusulkan 2 orang dosen untuk Guru Besar, sekarang dalam proses. Direktur juga berpesan kepada para wisudawan bahwa kesuksesan dan keberhasilan yang dicapai tidak terlepas dari peran serta dari berbagai pihak, terutama doa restu ke dua orangg tua saudara, sanak keluarga dan para sahabat dan termasuk ketulusan dan kesabaran para dosen dalam membimbing dan memberikan ilmu dan keterampilannya. Sebagai anggota keluarga besar alumni Polnep diharapkan senantiasa berkontribusi dalam meningkatkan kejayaan Polnep di masa yang akan datang. Cintailah dan berikan yang terbaik bagi almamater Polnep, semoga dari kampus ini (Polnep) saudara mendapatkan kenangan indah dan bermakna yang tidak bisa terlupakan selama hidup saudara.

Wisuda ke-30 lulusan Politeknik Negeri Pontianak dihadiri Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji. Direktur memberikan apresiasi yang tinggi kepada Bapak Gubernur, karena selama Politeknik Negeri Pontianak berdiri, baru kali ini pimpinan daerah (Bapak Gubernur Kalimantan Barat) hadir memenuhi undangan dan sekaligus memberikan sambutan. Ini menunjukkan pimpinan daerah yang peduli terhadap pendidikan, ungkap Direktur Politeknik Negeri Pontianak H. Muhammad Toasin Asha yang langsung disambut tepuk tangan para wisudawan dan para undangan yang hadir.

Dalam sambutannya, Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji meminta kepada lulusan Politeknik Negeri Pontianak, jangan banyak menunggu lapangan kerja. Dia minta ciptakanlah lapangan kerja, karena lulusan Politeknik Negeri Pontianak merupakan lulusan yang sudah dibekali keterampilan dan keahlian.

(Erwandi – Pranata Humas Muda)