Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) sebagai sebuah science center  pada hari Jumat, 24 Agustus 2018 melakukan sosialisasi dan diskusi dengan pimpinan politeknik negeri di Indonesia. Sosialisasi yang dilakukan dihadapan 24 direktur politeknik negeri di Indonesia ini membahas tentang rencana PP-IPTEK pada tahun 2019 dalam mengembangkan sebuah wahana baru yakni Wahana Inovasi Indonesia.

Wahana Inovasi Indonesia yang rencananya akan diresmikan oleh PP-IPTEK tahun 2019 mendatang akan berisi benda-benda pamer atau produk tentang hasil penelitian  dan inovasi lembaga-lembaga pendidikan dan penelitian yang ada di Indonesia seperti Industri dan lembaga litbang pemerintah yang berfokus pada penelitian teknologi serta perguruan tinggi yang menghasilkan produk kreasi inovasi teknologi dari para mahasiswa dan dosen.

Direktur PP-IPTEK, Syachrial Annas yang didampingi oleh Kepala Sub Divisi Peragaan, Setyo Purnomo dan Sub Divisi Promosi dan Kerjasama, Ika Mian hadir dalam kegiatan Rapat Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI) yang diselenggarakan di Hotel Aston, Kuta-Bali sebagai rangkaian dari kegiatan Seminar Nasional Riset Terapan Inovasi (SENTRINOV) 2018 oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dan Politeknik Negeri Bali sebagai tuan rumah kegiatan tersebut.

Syachrial Annas dalam sambutannya mengatakan PP-IPTEK sangat penting dalam melibatkan perguruan tinggi, baik universitas maupun politeknik yang ada di Indonesia. Kenapa politeknik sangat penting menurut Syachrial Annas bahwa konsep yang diusung oleh PP-IPTEK saat ini tidak hanya berfokus pada peragaan interaktif saja, tetapi hasil-hasil riset dari politeknik dapat dipamerkan di PP-IPTEK atau science center di Indonesia lainnya. Selain itu banyak alat-alat atau hasil penelitian dalam bentuk produk yang sudah dihasilkan oleh politeknik dibutuhkan oleh PP-IPTEK untuk menggugah anak-anak generasi muda mencintai iptek, sambung Syahrial Annas.

Pada kesempatan tersebut, PP-IPTEK mengajak seluruh politeknik di Indonesia untuk berpartisipasi memamerkan inovasi teknologinya dalam galeri Wahana Inovasi Indonesia di PP-IPTEK yang berlokasi di area komplek Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Ajakan PP-IPTEK ini pun disambut baik oleh para direktur politeknik, bahkan Ketua FDPNI, Rachmad Imbang dari Politeknik Negeri Bandung (Polban) menghimbau kepada politeknik lainnya yang hadir untuk memperhatikan ajakan kerjasama dari PP-IPTEK dalam mengisi Wahana Inovasi Indonesia. Beberapa politeknik sempat sebelumnya mengikuti beberapa kegiatan yang diselenggarakan oleh PP-IPTEK seperti contohnya dalam ajang pameran teknologi Indonesia Science Day (ISD) pada bulan April 2018. Pada kesempatan ini pun, PP-IPTEK juga mengajak politeknik untuk berpartisipasi dalam ISD 2019 yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan Maret 2019. (Humas PP-IPTEK)