Penyelenggaran kegiatan Science For All (SFA) pada rangkaian kegiatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke- 23 di Pekanbaru membawa daya tarik tersendiri.

Seperti yang dilakukan oleh Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dengan workshop sains yang dilakukannya dalam mengajarkan siswa SMP di Provinsi Riau membuat roket air sederhana dari botol plastik. Kegiatan ini dilakukan pada Jumat, 10 Agustus 2018 dimulai pukul 08.00 WIB bertempat di Gedung Balitbang Provinsi Riau.

Peserta membuat roket air dari bahan botol plastik berkaborasi yang diisi oleh tekanan dan air sebagai bahan pendorongnya. Usai membuat roket airnya, peserta menuju Lapangan Rumah Dinas Gubernur Provinsi Riau untuk meluncurkan roket air buatan mereka secara bergantian dengan jarak target 60 meter dari titik peluncuran. Roket diluncurkan dengan 3 buah peluncur yang dibuat khusus oleh tim dari PP-IPTEK.

Ratusan pelajar di Pekanbaru hadir menyaksikan peluncuran roket air yang diawali dengan peluncuran roket asap yang diluncurkan perdana di Pekanbaru oleh Direktur PP-IPTEK, M. Syachrial Annas dengan menekan tombol start sebagai tanda dibukanya peluncuran roket air buatan karya siswa  Pekanbaru.

Roket air merupakan bentuk sederhana dari prinsip roket missile atau roket torpedo yang ada di kapal selam dan kendaraan Tank. Roket air merupakan sistem roket berbahan pendorong air dan udara yang bertekanan yang menjadi aplikasi sederhana dari Hukum Newton, Ujar Sri Wahyu Cahyaningsih, narasumber dari PP-IPTEK.

PP-IPTEK telah melakukan pelatihan membuat roket air di beberapa provinsi di Indonesia sejak tahun 2005. Tujuannya selain menerapkan iptek kedirgantaraan secara lebih mudah dan menghibur bagi anak Indonesia, kegiatan roket air juga dikompetisikan bagi anak usia 12 – 16 tahun, dari tingkat wilayah (regional), Nasional hingga tingkat Internasional. Setiap tahunnya PP-IPTEK selalu mengadakan kompetisi roket air regional Jadebotabek dan sebagai penyelenggara resmi kompetisi roket air tingkat Nasional yang pesertanya merupakan peserta-peserta terbaik kompetisi roket air di tingkat regional wilayah.

Untuk tahun ini, PP-IPTEK akan menyelenggarakan kompetisi roket air tingkat regional Jadebotabek pada tanggal 25-26 Agustus 2018 dan tingkat nasional pada bulan Oktober mendatang bertempat di Gedung Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) yang berlokasi di area komplek TMII, Jakarta. Pemenang kompetisi roket air nasional akan diberangkatkan ke Singapura sebagai perwakilan Indonesia dalam ajang International Water Rocket Competition pada bulan November 2018.  (humaspp-iptek)