Setelah 3 hari kegiatan Science For All (SFA) diselenggarakan di Jombang, PP-IPTEK, Kemenristekdikti menggelar Kompetisi Roket Air Regional Jombang pada tanggal 19 September 2018. Kegiatan yang dimulai pada pukul 07.00 WIB ini diikuti oleh 219 siswa SMP, SMA dan SMK di Kabupaten Jombang yang berlokasi di SMA Muhammadiyah 1 Jombang.

Roket Air merupakan sebuah media pembelajaran sains yang menggunakan air sebagai pendorongnya. Roket air dibuat dengan menggunakan bahan botol plastik berkarborasi yang diisi dengan air dan tekanan dalam jumlah tertentu. Perhitungan dalam roket air mempunyai beberapa variabel seperti berat roket, jarak luncur ke area target, volume air dan tekanan yang diberikan. Variabel-variabel ini yang menentukan roket air dapat masuk tepat dalam target yang sudah ditentukan.

Kompetisi Roket Air telah dilakukan PP-IPTEK, Kementerian Ristekdikti sejak tahun 2003 di beberapa kota di Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam bidang antariksa dan memperkenalkan sains dengan cara yang menyenangkan. Penyelenggaraan Kompetisi Roket Air Regional Jombang diselenggarakan atas inisiasi Dinas Pendidikan Kab. Jombang dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur melalui MGMP IPA dan Fisika.

Sebagai tahapan kegiatan, para peserta diberikan pelatihan dalam membuat roket air dengan menggunakan bahan-bahan seperti botol berkarborasi, isolasi, gunting, double tape, cutter, penggaris, infraboard, spidol, dan plastisin sebagai pemberat roket air agar roket air yang meluncur dapat jatuh kembali pada ketinggian tertentu. Setelah membuat roketnya masing-masing, para peserta kemudian meluncurkan roket mereka dengan mengisi air dan tekanan dengan jumlah tertentu dan diluncurkan ke arah target yang berbentuk lingkaran dengan diameter 12 meter dan jarak luncur ke titik pusat target sepanjang 70 meter. Roket yang jatuh paling dekat dengan titik pusat target adalah roket dengan penilaian terbaik.

Hadir sebagai 6 pemenang Kompetisi Roket Air Regional Jombang berturut-turut adalah Silvia dari SMA Abdul Wahid sebagai Juara I, Moh. Syahrul Okta dari SMPN 4 Jombang sebagai Juara II, M. Khilmy Ikkromulloh dari SMAN 3 Jombang sebagai Juara III, Risma Medika dari SMPN 1 Megaluh sebagai Juara Harapan I, M. Zacky Rahmansyah dari MAN 3 Jombang sebagai Juara Harapan II, dan Elita Lailatul dari SMA Abdul Wahid Hasyim sebagai Juara Harapan III.  Ke-6 pemenang ini berkesempatan untuk mengikuti Kompetisi Roket Air Nasional yang akan diselenggarakan di PP-IPTEK yang berlokasi di TMII Jakarta pada tanggal 28 September – 1 Oktober 2018. 6 (enam) pemenang terbaik Kompetisi Roket Air Nasional (KRAN) akan menjadi delegasi perwakilan Indonesia dalam ajang International Water Rocket Competition yang akan diselenggarakan pada tanggal 5-8 November 2018 di Singapura.

PP-IPTEK, Kemenristekdikti sebagai science center pertama dan terbesar di Indonesia berperan dalam membudayakan iptek masyarakat. Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan roket air dapat mengubah paradigma masyarakat bahwa sains bukanlah suatu hal yang sulit dan membosankan. Melalui cara-cara yang interaktif dapat membuat masyarakat, khususnya generasi muda saat ini menyenangi sains dan berminat dalam berkarier dibidang iptek. (Humas PP-IPTEK)