Sebagai perguruan vokasi, Politeknik Negeri Pontianak yang merupakan salah satu tulang punggung dalam mencetak sumber daya manusia terampil dan berkualitas yang mampu menyediakan dan dibutuhkan oleh dunia industri. Untuk mendukung program dan kebijakan revitalisasi pendidikan vokasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Politeknik Negeri Pontianak secara terus menerus melakukan perbaikan dan pembenahan sebagai tantangan revolusi industri 4.0 dan kebutuhan industri dengan harapan lulusan Polnep memiliki sertifikat kompetensi, ujar Direktur Politeknik Negeri Pontianak pada humas.

Lebih lanjut diungkapkannya, bahwa beberapa langkah yang sampai hari ini terus dilakukan adalah kegiatan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru guna merubah mindset masyarakat agar menempatkan Politeknik Negeri Pontianak sebagai pendidikan vokasi menjadi prioritas utama dalam melanjutkan pendidikan. Selama ini para orang tua lebih memilih menyekolahkan anaknya di Universitas di banding Politeknik. Kita perlu menyadarkan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya pada pendidikan vokasi. Selain itu, Politeknik Negeri Pontianak akan melakukan berbagai kerjasama dengan dunia industri guna mengoptimalkan keterlibatan dunia industri dalam pengembangan Politeknik Negeri Pontianak sebagai pendidikan vokasi, ungkapnya.

Kami bersukur tahun ini (2019) secara keseluruh peminat masuk di Politeknik Negeri Pontianak kenaikannya cukup signifikan sebanyak 8.353 orang dan tahun 2018 peminat 6.474 orang, kenaikannya cukup signifikan. Ditambahkannya, Politeknik Negeri Pontianak secara terus menerus melakukan revisi kurikulum disetiap program studi. Ke depan kita merencanakan 50% lebih banyak praktek di industri.  Lebih lanjut dijelaskannya, dengan cara demikian lulusan Politeknik Negeri Pontianak semakin diminati di dunia industri. Pendidikan vokasi di Politeknik Negeri Pontianak melahirkan tenaga terampil, selain berijazah lulusan bersertifikat kompetensi yang dikeluarkn dari lembaga kredibel. Dan inilah yang menjadi nilai tambah bagi lulusan Politeknik Negeri Pontianak sesuai kebutuhan industri.

Seperti tahun sebelumnya, Politeknik Negeri Pontianak membuka jalur mandiri. Untuk tahun ini (2019) membuka beberapa program studi diantaranya :  D4 Prodi Budidaya Tanaman Perkebunan, Desain Kawasan Binaan dan Asitek Bangunan Gedung. Sedangkan untuk D3  Prodi TPHP, Asitektur dan Arsitektur dan untuk D1 Program Studi Operator Alat Berat. Selain itu, Politeknik Negeri Pontianak menerima untuk jalur undangan yang diprioritaskan bagi lulusan SMU/SMK yang berpretasi akademik maupun atlit.

(Erwandi – Pranata Humas Muda)