MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara menggelar pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2018 bagi 8.180 mahasiswa baru USU tahun ajaran 2018/2019, bertempat di Stadion Mini USU, jl Almamater Kampus USU Padang Bulan Medan, Senin (27/8). Para mahasiswa baru yang menjadi peserta PKKMB USU 2018 itu berasal dari seleksi masuk jalur SNMPTN, SBMPTN, Mandiri dan Diploma yang tersebar pada 15 fakultas atau 64 program studi yang ada di USU.

PKKMB USU yang berlangsung hingga tiga hari ke depan itu dibuka secara resmi oleh Rektor USU, Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum dan diisi dengan kuliah umum yang menghadirkan Gubernur Sumut Terpilih 2018-2023, Letjen (Purn) TNI Edy Rahmayadi. Pembukaan kegiatan PKKMB ditandai dengan penerbangan ratusan balon berwarna-warni yang dilakukan Rektor USU bersama-sama dengan Gubernur Sumut Terpilih dan para Wakil Rektor USU, seusai prosesi utama. Turut hadir dalam kesempatan tersebut para wakil rektor USU, Sekretaris Universitas, Ketua, Sekretaris dan anggota Senat Akademik, para dekan fakultas, pimpinan lembaga serta unit kerja di lingkungan USU.

Dalam sesi pembuka acara para mahasiswa/mahasiswi baru USU tahun ajaran 2018/2019 melakukan atraksi formasi mozaik yang mengetengahkan mozaik bendera merah putih, gedung biro rektor USU dan simbol empati untuk korban gempa bumi di Lombok. Mengiringi penayangan mozaik USU untuk Lombok, panitia universitas yang berasal dari Pemerintahan Mahasiswa USU melakukan gerakan penggalangan dana kepada seluruh hadirin, yang didedikasikan sepenuhnya bagi korban bencana di Lombok. Terkumpul dana dari para mahasiswa USU dan hadirin yang digabungkan dengan penggalangan di fakultas-fakultas sebesar Rp 32.321.200, yang diserahkan ke Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk disalurkan ke para korban bencana Lombok.

USU FOR LOMBOK

Rektor USU dalam sambutannya menyampaikan ucapan sukacita dan syukurnya atas keberadaan para mahasiswa/mahasiswi USU yang diharapkan mampu memberi energi baru untuk menambah catatan prestasi universitas yang telah berusia 66 tahun itu. Ia mengucapkan selamat datang kepada para mahasiswa/i baru tersebut serta memberikan motivasi dan semangat melalui pemaparan berbagai capaian prestasi dan kinerja USU terbaru.

Sementara itu, dalam kuliah umum bertajuk “Peran Mahasiswa Sebagai Fundamental Negara Untuk Membangun Bangsa”, Gubsu Terpilih 2018-2023, Letjen (Purn) TNI Edy Rahmayadi menegaskan pentingnya peran pemuda dan mahasiswa dalam pembangunan bangsa. Menurutnya, pemuda dan mahasiswa merupakan energi sesungguhnya dalam menjalankan seluruh agenda pembangunan. Ia menyitir salah satu kalimat yang pernah dilantangkan Presiden Soekarno dalam pidatonya, “Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.” Kalimat itu menurutnya merupakan sebuah simbol tentang potensi kekuatan sesungguhnya yang dimiliki oleh para pemuda.

DSC 1866.1

“Ke depannya saya ingin yang akan menjadi gubernur atau pemimpin, jangan lagi yang seperti saya yang berumur 57 tahun. Harus jauh lebih muda. Tenaga muda dan pemikiran yang dimiliki oleh para pemuda akan menjadi motor penggerak yang jauh lebih efisien dan tangguh. Karena itu saya berdoa semoga Tuhan selalu menjaga kalian para mahasiswa, untuk terus sehat selalu dan dapat berprestasi serta berkarya nyata dalam membangun negara,” kata Letjen (Purn) TNI Edy Rahmayadi.

 

DSC 4937

Lebih lanjut, ia berjanji, bahwa pada saatnya nanti ia akan ikut memberikan dukungan dalam membesarkan USU ke depan dalam kapasitas amanah yang diembannya sebagai Gubsu. Karena membesarkan USU merupakan hal yang sejalan dengan agenda memajukan Sumut.

Selain mozaik dan kuliah umum, PKKMB USU 2018 juga diramaikan dengan pagelaran tari-tarian dan lagu-lagu nasional serta daerah, defile UKM-UKM berprestasi yang dimiliki USU, pameran inovasi mahasiswa dan beberapa atraksi seni lainnya. (Humas)

sumber: https://www.usu.ac.id/id/1838-usu-gelar-pkkmb-2018-dan-serahkan-donasi-untuk-lombok.html