MEULABOH – Sebanyak 272 Tim Mahasiswa Peserta 3rd UTU Awards tahun 2017 ikut bersaing dalam kompetisi Universitas Teuku Umar Awards tahun ketiga (3rd UTU Awards) tahun 2017. Sebelumnya berdasarakan data dari panitia sebanyak 511 tim ikut mendaftar pada kegiatan tersebut dan hanya 272 Tim yang memenuhi persyaratan untuk dinilai oleh dewan juri. Tim tersebut berasal dari 62 Perguruan Tinggi dengan rincian sebanyak 39 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan 23 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dari seluruh pelosok Indonesia.

Adapun kategori yang diikuti adalah Kategori Perencanaan Bisnis (Bisnis Plan) sebanyak 127 Tim, Kategori Produk Inovatif Berbasis Agro and Marine sebanyak 70 Tim, Kategori Riset Unggulan Berbasis Kewirausahaan sebanyak 44 tim dan Kategori Design Toko Online (E-Store) sebanyak 32 Tim.

Rektor UTU Prof Dr Jasman J Ma’ruf, SE MBA mengatakan dari masing-masing kategori tersebut akan diundang ke Kampus UTU untuk mempresentasikan karyanya dihadapan dewan juri yang berasal dari berbagai Perguruan Tinggi top di Indonesia seperti dari Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, Universitas Andalas, Universitas Syiah Kuala, Universitas Bengkulu, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan dari Kementerian Ristekditi serta Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Prof Jasman menambahkan tujuan dihadirkan dewan juri dari universitas top di Indonesia ialah untuk menghasilkan proses penjurian yang kredibel dan independen sehingga akan hadir karya yang benar-benar bisa memberikan manfaat untuk masyarakat Indonesia. Prof Jasman juga menambahkan bahwa sejumlah 229,5 Juta dana penghargaan dan pembinaan sudah disiapkan oleh

 

“Panitia untuk diberikan kepada para pemenang jaura I, II, III, Harapan I dan II serta  Juara Umum dalam 3rd UTU Awards akan diberikan Piala Bergilir Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi,” sebutnya.

5 Nominator Terbaik Di Undang Ke UTU

Sementara itu, Koordinator 3rd UTU Awards Yoga Nugroho, SP, MM menjabarkan bahwa untuk lima nominator terbaik dimasing-masing kategori adalah, untuk kategori Riset Unggulan Berbasis Kewirausahaan  yang masuk 5 nominasi terbaik adalah dari Institut Pertanian Bogor, Universitas Sumatera Utara, Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya dan Universitas Hasanuddin Makasar.

Sementara itu, untuk kategori Produk Inovatif Berbasis Agro and Marine yang masuk 5 nominasi terbaik adalah dari  Institut Pertanian Bogor, Universitas Andalas, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Brawijaya

Untuk kategori Perencanaan Bisnis (Bisnis Plan) adalah Universitas Brawijaya sebanyak 2 tim, Universitas Singaperbangsa Karawang, Universitas Islam Indonesia dan Institut Pertanian Bogor

Sedangkan untuk kategori Design Toko Online (E-Store) dari Universitas Malikulsaleh, Universitas Teuku Umar 2 tim dan dari STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh sebanyak 2 tim. Untuk pengumuman selengkapnya dapat diakses di www.utu.ac.id atau menghubungi Cp. Saudara IKHSAN (085261426282)