Siaran Pers Kemenristekdikti
Nomor : 127/SP/HM/BKKP/VII/2019

Sidikalang – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan Rintisan Techno Park Kabupaten Dairi, akan menjadi wahana hilirisasi IPTEK melalui penyebaran pusat-pusat pertumbuhan dalam rangka pemerataan antar Wilayah sehingga diharapkan dapat mendorong, mengembangkan, pertumbuhan ekonomi daerah melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan penumbuhan perusahaan pemula berbasis teknologi. Hal tersebut disampaikan Menristekdikti saat memberikan sambutan pada Ekshibisi Rintisan Inovasi Sains, Teknologi, dan Ekonomi Kreatif (e-RISTEK) EXPO di Taman Rekreasi Sidikalang, Sabtu (13/7).

“Disisi lain Rintisan Techno Park Kabupaten Dairi, kedepan harus dapat memberikan layanan-layanan baik Layanan Teknis, Layanan Pengembangan Teknologi, Layanan Inkubasi Bisnis Teknologi (PPBT) dan Layanan Pendukung seperti fasilitas produksi, Ruang Kantor, seminar, dan lain sebagainya,” ungkap Menteri Nasir.

Menteri Nasir menekankan agar rintisan Techno park kabupaten Dairi segera dan terus berkoordinasi dengan Kemenristekdikti, baik untuk kesiapan sumber teknologi, SDM, Alternatif Sumber Pembiayaan, hingga konsultasi bidang fokus yang akan dikembangkan nantinya.

Selain itu Menteri Nasir berharap Kabupaten Dairi dapat terus menemukan keunikan dan keunggulan dirinya, dengan berfokus pada semangat inovasi, agar tercipta produk-produk unggulan yang bernilai tinggi dan mampu bersaing di pasar global, yang juga mampu beradaptasi pada perubahan global dan berkontribusi secara positif bagi masyarakat Indonesia.

Sementara itu Bupati Kabupaten Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan Ekshibisi Rintisan Inovasi Sains Teknologi dan Ekonomi Kreatif (e-RISTEK) Kabupaten Dairi merupakan kegiatan yang bertujuan memberikan gambaran bagaimana ke depan Pemerintah Kabupaten Dairi menyikapi tantangan ke depan dengan mendayagunakan potensi daerah yang dimiliki menjadi peluang untuk membangkitkan produktivitas, kreativitas dan inovasi daerah yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Dairi adalah menyediakan suatu ruang dan tempat dimana proses transfer of knowledge, transfer of values dapat dilakukan dengan lebih cepat dan terarah, berkelanjutan serta berbasis potensi dan sumber daya daerah dengan mendirikan Dairi Techno Park, yang direncanakan berlokasi di Taman Rekreasi Sidakalang,” ujar Eddy

Di tempat ini sudah ada beberapa fasilitas ruang publik melakukan aktivitas olahraga dan rekreasi serta komunikasi antar warga. Ke depan Eddy berharap, dengan dukungan pemerintah pusat melalui Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, upaya untuk mengembangkan lokasi ini menjadi Dairi Techno Park akan dapat terwujud.

“Konsep Dairi Techno Park akan mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal, usaha ekonomi kreatif dengan inovasi di bidang teknologi tepat guna dan teknologi informatika guna mendukung upaya peningkatan ekonomi daerah,” pungkas Eddy.

Beberapa hal dalam pemanfaaan teknologi yang sudah dimulai pengaplikasiannya pada acara ini adalah: rintisan penerapan e-transaksi dan e-money melalui pola kemitraan dengan pihak perbankan (HIMBARA) dan BUMD, rintisan kemitraan pengembangan smart farming (pertanian berbasis IOT), rintisan penerapan Program Kartu Tani, Diseminasi Renewable Energy (Green Energy) melalui kemitraan dengan PLN, pengembangan e-Sport dan Multimedia, serta pelayanan administrasi publik berbasis IOT.

Di akhir acara Menristekdikti melakukan peninjauan ke lokasi Expo dan secara simbolis melakukan penanaman pohon kopi Sidakalang.

Turut hadir pada acara tersebut Sekretaris Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek Dikti Agus Indarjo, Direktur Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kemal Prihatman, Rektor Universitas Negeri Medan Syawal Gultom, Wakil Rektor 3 Universitas Sumatera Utara Mahyuddin, Kepala LLDIKTI Wilayah 1 Dian Armanto, Wakil Direktur 2 Politeknik Negeri Medan Abdul Rahman, Ketua DPRD Sabam Sibarani, perwakilan Gubernur Sumatera Utara, Wakil Bupati Dairi Jimmy Andrea Sihombing, serta tamu undangan lainnya.(HS)

Please follow and like us:
27