Tangerang- Pameran Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) yang digagas oleh Kemkominfo dan Bakohumas pada tahun 2018 ini digelar di lapangan Ahmad Yani, alun-alun Kota Tangerang, Banten. Pameran sendiri sudah dibuka untuk umum sejak tanggal 2 desember 2018 dan akan ditutup tanggal 4 desember 2018.

Hari ini, Senin (3/12), booth pameran Kemenristekdikti yang mengambil tema “Pembelajaran dan Kemahasiswaan di era digital” kembali ramai dikunjungi oleh pengunjung. Ternyata ada hal yang cukup menyengat pengunjung pameran, yaitu adanya coaching clinic “Smartphone Photography”, dimana salah satu fotografer kenamaan Indonesia Feri Latief menjadi pembicaranya. Di coaching clinic tersebut Feri mengajak peserta untuk mulai mencari foto melalui gawai yang dimilikinya, untuk kemudian ditentukan pemenang dan mendapat suvenir menarik dari Kemenristekdikti.

“Era sekarang itu sangat mudah mengambil gambar dimanapun juga. Momen-momen tertentu juga sangat mudah didapat, asalkan kita tetap memegang standar fotografi, jadi gak asal juga ambil foto,” papar Feri di depan beberapa siswa-siswi SMA dan pengunjung lain yang tampak bersemangat.

Maya salah satu peserta yang ikut dalam coaching clinic tersebut mengatakan bahwa pelatihan singkat seperti ini bagi milennial sangat bermanfaat sekali, sekaligus ia mengapresiasi konten yang dibawakan Kemenristekdikti di booth sesuai pertanyaan dan keinginan banyak pengunjung lainnya.

“Jadi kita datang itu kalau ada pertanyaan bisa langsung terjawab di booth ini, sesuai yang kita inginkan ini konten-kontennya,” tuturnya.

Dari tinjauan di lokasi pameran, pengunjung yang hadir banyak menanyakan mengenai beasiswa bidikmisi, Penomoran Ijazah Nasional (PIN), Sistem Verifikasi Ijazah Secara Elektronik (SIVIL), pembelajaran daring, Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT), dan data mereka di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). Selain tentunya para pengunjung dimanjakan dengan bermain Virtual Reality (VR) yang dimiliki oleh laboratorium virtual Puspiptek.

Ayo datang ke booth Kemenristekdikti di pameran SAIK 2018! masih dibuka sampai tanggal 4 desember 2018. Banyak informasi yang didapat, dan quiz yang menarik.

Doddy Zulkifli
Foto : Ageng & Fajri
Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik
Kemenristekdikti