Siaran Pers Kemenristekdikti
Nomor : 86/SP/HM/BKKP/V/2019

Jakarta – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir didampingi Sekretaris Jenderal Ainun Na’im, Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti Didin Wahidin dan Plt. Rektor Universitas Negeri Jakarta Intan Ahmad meresmikan Gedung University Training Center (UTC) di Kampus A Universitas Negeri Jakarta (2/5).

Dalam arahannya Menristekdikti menyampaikan apresiasi kepada Universitas Negeri Jakarta yang telah berhasil menyelesaikan pembangunan Gedung University Training Center (UTC) tanpa bantuan dana dari pemerintah. Ia berharap dengan adanya Gedung UTC dapat meningkatkatkan interaksi dan kohesi sosial yang baik antar mahasiswa dan juga dosen dari berbagai disiplin ilmu yang berbeda, untuk memacu ide dan kolaborasi baru sehingga UNJ mampu menghasilkan lulusan yang berdaya saing.

“Selamat kepada UNJ yang telah berhasil membangun gedung senilai 88 M tanpa dana dari pemerintah. Kami berharap Gedung UTC betul- betul dapat menjadi pusat pengembangan SDM di UNJ khususnya bagi program studi terkait, seperti Usaha Jasa Pariwisata, Tata Boga dan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga,” ucapnya.

Lebih lanjut, Menristekdikti menyebutkan, keunggulan perguruan tinggi tidak dapat hanya dilihat dari jumlah gedung dan fasilitas yang dimiliki, namun kepada kontribusinya dalam menghasilkan SDM yang memiliki kompetensi dan berdaya saing, serta kontribusi dalam menghasilkan dan mengaplikasikan IPTEK yang bermanfaat bagi masyarakat. Mengingat Perguruan Tinggi sebagai tempat mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan berkualitas yang siap menjadi profesional dan berdaya saing.

Plt Rektor Universitas Intan Ahmad mengatakan Gedung UTC UNJ dibangun untuk mendukung proses belajar mengajar mahasiswa UNJ sebagai pusat pelatihan dan praktik mahasiswa, diantaranya untuk program studi Usaha Jasa Pariwisata, Tata Boga dan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Selain menjadi sarana dan prasarana yang disertai laboratorium bagi mahasiswa, ia berharap gedung ini dapat menjadi sumber pendapatan lain bagi UNJ di luar Uang Kuliah Tunggal (UKT) mahasiswa untuk meningkatkan PNBP Universitas Negeri Jakarta.

“Selain digunakan sebagai pusat pelatihan dan praktik mahasiswa prodi Jasa Pariwisata, Tata Boga dan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, diharapkan gedung ini dapat memiliki nilai tambah yakni meningkatkan kegiatan Entrepreneurial dari Universitas Negeri Jakarta,” ucapnya.

Beliau melaporkan Gedung UTC UNJ dibangun di atas lahan eks-wisma UNJ yang telah dibongkar pada tahun 2017 lalu. Gedung UTC UNJ yang 8 lantai terdiri atas ruang kelas di lantai 2 dan 3 berjumlah 15 ruangan, kamar hotel di lantai 4 sampai 7 dengan jumlah total 74 kamar, dan ruang auditorium di lantai 8 dengan kapasitas 400 orang.

Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik

Instagram: @Ristekdikti
Twitter: @Kemristekdikti
Facebook: Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
YouTube: Ristekdikti TV
Website : https://ristekdikti.go.id
Google Play: G-Magz