Siaran Pers Kemenristekdikti

Chicago – Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul dan Indonesia Maju adalah salah satu visi Indonesia dalam pembangunan berikutnya 2019-2024. Kemenristekdikti  Indonesia dan University of Chicago (UChicago) Amerika Serikat, tentu ingin mengambil peran penting dalam pembangunan generasi muda Indonesia sebagai tulang punggung bangsa.

Untuk itu, dengan disaksikan oleh Menristekdikti Mohamad Nasir, penandatanganan MoU antara Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im dan Robert J. Zimmer, President UChicago dilakukan, Rabu (18/9/2019). MoU ini ditujukan untuk memperkaya pengetahuan dan riset dari para kandidat (calon) doktor muda Indonesia, melalui program Garuda ACademic of Excellence (Garuda ACE).

Program Garuda ACE ini adalah program capacity building selama dua tahun, untuk murid-murid Indonesia (dosen/peneliti/profesional muda) yang akan mendapatkan bimbingan langsung dari para Profesor dan peneliti di UChicago Amerika, sehingga diharapkan mereka dapat mendapatkan ‘Letter of Acceptance (LoA)’ dalam PhD program di UChicago atau di universitas terkemuka lainnya, karena pembimbingan intensif sebelumnya.

Kerjasama dengan UChicago ini mencakup tiga hal yaitu:
– Program kolaborasi pendidikan dengan Perguruan Tinggi di Indonesia.
– Program riset, pembelajaran dan pengajaran.
– Program lain di masa yang akan datang sesuai dengan minat bersama.

Pelaksanaan Garuda ACE di dua tahun pertama akan dimulai di area Ilmu Komputer (“Computer Science”) dan area terkait seperti “Bioinformatics”, “Computational Science”, dan “Data Science”, dan diharapkan akan berkembang ke ilmu STEM (science, technology, engineering dan math) lainnya.

Setelah menyaksikan penandatangan MoU bersama Direktur Jenderal Sumber Daya Iptekdikti Ali Ghufron Mukti, KaBiro Kerjasama dan Komunikasi Publik Nada Marsudi, Acting Konsul Jenderal Made Sentana Jaya (KJRI Chicago), Board of Trustee member Tandean Rustandy, Profesor Haryadi Gunawi, Project Manager Marie Bejarano (UChicago), Menristekdikti Mohamad Nasir juga melakukan ‘lab tour’ di UChicago dan beramah tamah dengan para pelajar Indonesia di UChicago.

Pada acara ramah tamah tersebut, Menristekdikti memberikan arahan tentang program SDM Unggul Indonesia, rencana program implementasi Garuda ACE sebagai program terobosan, dalam upaya untuk mencetak bibit unggul Indonesia sebagai kader bangsa, calon pemimpin Indonesia dimasa yang akan datang.

Menteri Nasir mengatakan bahwa pelajar di UChicago sangat beruntung untuk mendapatkan kesempatan tersebut untuk belajar di Amerika Serikat, untuk itu diharapkan dapat menyerap ilmu pengetahuan yang didapat dan menerapkannya di Indonesia kelak, dalam berbagai sektor pembangunan di Indonesia.

Nada Marsudi
Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik Kemenristekdikti
Fajar KJRI Chicago
Haryadi Associate Professor UChicago