Yogyakarta, 16 Oktober 2018.
Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki segudang warisan seni dan budaya yang masih dijunjung ditinggi oleh masyarakatnya. Maka dalam rangka menanamkan nilai-nilai karakter bangsa bagi mahasiswa melalui seni dan budaya, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti menggelar Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) yang dilaksanakan tanggal 15-21 Oktober 2018 di Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Acara pembukaan PEKSIMINAS yang dilaksanakan di lapangan Pancasila Universitas Gadjah Mada dihadiri oleh Direktur Kemahasiswaan Didin Wahidin, Rektor Institut Seni Indonesia Yogyakarta Agus Burhan, Rektor Universitas Gadjah Mada Panut Mulyono dan Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Daerah Istimewa Yogyakarta. Direktur Kemahasiswaan dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam mengikuti kompetisi ini mahasiswa bukan hanya mendapatkan hadiah keluar sebagai pemenang namun banyak hal lain yang bisa mahasiswa dapatkan. “Dalam sebuah kompetisi menang itu penting, namun yang lebih penting adalah terbangunnya jiwa pemenang, yaitu berupa semangat juang yang kuat dan tidak kenal menyerah, sportivitas dan kerja tim” ujar Didin.

Penyelenggaraan PEKSIMINAS digelar dua tahun sekali dan untuk tahun 2018 ini merupakan PEKSIMINAS XIV dimana pesertanya adalah mahasiswa terbaik yang lolos dalam Pekan Seni Mahasiswa Daerah (PEKSIMIDA). Pelaksaan PEKSIMINAS ke XIV tahun 2018 diikuti oleh 33 pengda BPSMI dengan sejumlah 1.036 mahasiswa dan 441 official. Ada 8 (delapan) perguruan tinggi yang mengirimkan mahasiswanya untuk mengikutin PEKSIMINAS, diantaranya :

1. ISI Jogjakarta;
2. Universitas Gadjah Mada;
3. Universitas Ahmad Dahlan;
4. Universitas Sanata Dharma;
5. STIKOM AKINDO Jogjakarta;
6. Universitas Kristen Duta Wacana Jogjakarta;
7. Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa – APMD;
8. Universitas Katolik Atma Jaya Jogjakarta.

Sebanyak 15 (lima belas) tangkai lomba yang bisa diikuti oleh peserta PEKSIMINAS XIV Yogyakarts, yaitu vokal Grup, nyanyi Pop Tunggal Putra/Putri, nyanyi Dangdut Tunggal Putra/Putri, nyanyi Keroncong Tunggal Putra/Putri, nyanyi Seriosa Tunggal Putra/Putri, tari, baca Puisi Putra/Putri, monolog, penulisan Puisi, penulisan Cerpen, penulisan Lakon, desain poster, lukis, fotografi dan komik strip. Selamat Berlomba !!! (TJS/NH)

 

 

Layanan Informasi Direktorat Jenderal Pemebelajaran dan Kemahasiswaan

Kemenristekdikti