PEKANBARU – Ritech Expo 2018 secara resmi telah ditutup oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Minggu (12/8). Pameran yang dibuka sejak 9 Agustus 2018 ini telah menampilkan beragam pameran inovasi unggulan dari perguruan tinggi, lembaga riset, industri, hingga para inovator yang keseluruhannya merupakan karya anak bangsa.

Pada malam penutupan Ritech Expo tahun ini turut dihadiri oleh Kepala Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik Kemenristekdikti Nada Marsudi, Kepala Dinas ESDM Provinsi Riau Indra Agus, Kepala Balitbang Provinsi Riau Arbaini, Wakil Ketua Harian Panitia Hakteknas ke-23 sekaligus Kepala Subdirektorat Kemitraan Strategis dan Wahana Inovasi Kemenristekdikti Kamsol, Kepala Bagian Hukum, Kerjasama, dan Layanan Informasi Ditjen PI Kemenristekdikti Supriyadi, Kepala Humas LAPAN Jasyanto, serta para pengunjung dan peserta Ritech Expo 2018.

Dalam sambutannya Kepala Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik Kemenristekdikti Nada Marsudi menghaturkan terimakasih dan amat mengapresiasi antusiasme yang diberikan masyarakat Riau dalam Ritech Expo 2018. Nada menyebutkan bahwa masyarakat Riau adalah masyarakat yang benar cinta terhadap iptek dan inovasi.

“Saya ingin berterimakasih kepada Kementerian, lembaga, perguruan tinggi, dan internal Kemenristekdikti. Terhitung 90 institusi melakukan pameran pada 200 booth, ini merupakan pameran terbesar. Animo masyarakat Riau juga tinggi. Saya pikir masyarakat Riau adalah masyarakat yang benar-benar cinta iptek dan inovasi,” jelasnya.

Acara yang digelar di Komplek Rumah Dinas Gubernur Riau ini merupakan serangkaian acara dalam menyambut Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-23. Selain memamerkan produk-produk inovasi karya anak bangsa, Ritech Expo 2018 juga menyelenggarakan berbagai kegiatan menarik antara lain demo produk iptek, seminar iptek, demo sains, temu bisnis, dan lomba-lomba.

Pemberian penghargaan diberikan kepada stand terbaik dari peserta pameran dengan tujuh kategori, yaitu: perguruan tinggi, Balitbang pemerintah daerah, Balitbang kementerian/lembaga, industri dan BUMN, LPNK kemenristekdikti, unit utama dan program unggulan Kemenristekdikti, serta stand favorit. Selain itu juga penghargaan diberikan kepada para pemenang lomba yang diadakan oleh Ritech Expo 2018 antara lain : lomba foto profesional, foto smartphone, video, vlog, menggambar, dan mewarnai.

Wakil Ketua Harian Panitia Hakteknas ke-23 Kamsol menegaskan bahwa Ritech Expo bukanlah sebuah wahana publikasi semata, melainkan kegiatan peringatan Hakteknas yang memiliki nilai tambah baik secara ekonomi ataupun budaya.

“Ritech Expo tidak semata-mata sebagai wahana publikasi dan penyebaran info produk-produk hasil riset dan inovasi, bukan sekadar pameran. Ritech Expo merupakan kegiatan peringatan Hakteknas yang memiliki nilai tambah baik secara ekonomi atau budaya,” jelasnya.

Sementara itu Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dalam sambutannya mengajak seluruh rakyat Riau agar terus melakukan riset dan inovasi untuk Riau yang lebih maju.

“Untuk masyarakat Riau harus lebih semangat setelah Ritech Expo tahun ini dalam melakukan riset dan inovasi untuk Riau lebih maju,” tangkasnya.

Arsyadjuliandi mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh komponen masyarakat yang telah berkontribusi dalam Ritech Expo tahun ini. (AAF/AN)