Siaran Pers Kemenristekdikti
Nomor : 206/SP/HM/BKKP/X/2019

Tangerang Selatan – PUSPIPTEK Innovation Festival (PIF) kembali digelar dengan mengusung tema ”Innovation Without Limits”, PIF 2019 tahun ini menampilkan ‘highlight’ pengembangan karya inovasi bagi perempuan dengan sub-tema Perempuan Bicara Inovasi, Perempuan yang Menginspirasi.

Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Naim menyambut baik penyelenggaraan kembali PUSPIPTEK Innovation Festival (PIF) yang ke-3 tahun 2019 ini. Ia mengatakan tema “Innovation Without Limit” ini memberikan nyawa baru dan arti yang lebih luas terhadap pengembangan inovasi.

“Pegiat inovasi tidak hanya terbatas pada kalangan akademisi, peneliti dan masyarakat yang berpendidikan akan tetapi inovasi dapat dilakukan oleh siapa saja selama dapat menghasilkan produk yang memiliki nilai tambah dan kompetitif,” ucapnya saat membuka PUSPIPTEK Innovation Festival (PIF) 2019 di Graha Widya Bhakti Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK), Serpong (3/10).

Sesjen Kemenristekdikti Ainun Naim menyebutkan Kemenristekdikti terus berupaya mendorong agar hasil riset dapat dihilirisasi ke industri menjadi produk inovasi. Ia berharap dengan diselenggarakannya PIF 2019 dapat meningkatkan kapasitas IPTEK dan Inovasi Indonesia, dengan mensosialisasikan produk IPTEK yang dihasilkan berbagai institusi, memperluas jaringan kolaborasi antar lembaga penelitian, universitas, pemerintah, industri dan masyarakat.

Kepala PUSPIPTEK Sri Setiawati mengungkapkan PUSPIPTEK Innovation Festival (PIF) merupakan agenda tahunan PUSPIPTEK, yang diselenggarakan untuk memperingati hari jadi PUSPIPTEK setiap tanggal 1 Oktober. Kegiatan ini bertujuan mempromosikan kapasitas sumber daya ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi (IPTEKIN) kepada masyarakat dan menjadi ajang untuk memperkenalkan teknologi, menanamkan dan membudayakan kecintaan terhadap IPTEK serta inovasi di masyarakat.

“Kami berharap masyarakat mengenal dan mencari tahu lebih lanjut tentang Puspiptek dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia, mendorong antusiasme masyarakat umum, khususnya perempuan dan generasi muda, dalam sains, teknologi, inovasi dan kewirausahaan berbasis teknologi, meningkatkan kontribusi perempuan dan generasi muda dalam pengembangan iptek, dan inovasi,” ucapnya.

Bekerja sama dengan BPPT, LIPI, BATAN, dan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, PUSPIPTEK Innovation Festival (PIF) 2019 diselenggarakan selama 4 hari mulai dari tanggal 3-6 Oktober 2019 di area kawasan PUSPIPTEK. Rangkaian kegiatan ini terdiri dari pameran produk, lomba, science tour, workshop, explore puspiptek, dan kegiatan menarik lainnya.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Deputy Chief of Mission for the US Mission in Indonesia Heatler Variava, Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Davnie, Kepala LPNK di bawah koordinasi Kemenristekdikti, serta tamu undangan lainnya.

Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik
Kemenristekdikti