JAKARTA – Perizinan Perjalanan Dinas Luar Negeri (PDLN) kini menjadi lebih simpel. Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) secara resmi meluncurkan aplikasi perizinan online SIMPEL (Sistem Informasi Perjalanan Dinas Luar Negeri).

SIMPEL merupakan aplikasi perizinan online yang dibangun dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik dalam penerbitan surat persetujuan pemerintah atas perjalanan dinas luar negeri (PDLN) yang dilaksanakan oleh Pejabat Negara, Pejabat lainnya, PNS, Pegawai BUMN/BUMD dan Tenaga Indonesia yang ditugaskan oleh Lembaga Negara atau Instansi Pemerintah, yang didanai dengan APBN/APBD maupun oleh mitra kerja sama teknik.

Peresmian ini dihadiri Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Asman Abnur, Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Ainun Na’im, Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri seluruh Indonesia dan tamu undangan lainnnya. Peluncuran aplikasi ini digelar di Gedung Krida Bhakti Kemensetneg, Jakarta Pusat, Selasa (24/4).

Dalam sambutannya, Mensesneg Pratikno mengatakan bahwa pengembangan aplikasi SIMPEL tidak sebatas pada proses digitalisasi mekanisme kerja yang selama ini dilakukan secara manual diubah menjadi proses elektronik, namun juga upaya debirokratisasi melalui penyederhanaan proses administrasi perjalanan dinas luar negeri.

“Pak MenpanRB sangat mendorong aplikasi pelayanan masyarakat yang cepat, trasnparan, akuntabel dan mudah diakses, itu alasan aplikasi SIMPEL dibuat. Saya sedang menyiapkan masa depan, karena masa depannya Menteri itu tidak menjadi Menteri. Nah kalau saya, masa depan saya adalah kembali menjadi dosen dan akan mengurus SIMPEL ini,” ujar Mensesneg Pratikno.

Mensesneg menambahkan bahwa sistem layanan publik harus dibuat untuk mempermudah penggunaannya dan cepat pemrosesannya. “Tidak lagi kita harus menyusun laporan dengan bertumpukan kertas, make it simple. Lakukan simplifikasi,” tambah Pratikno.

Dalam kesempatan ini, Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im bersama tiga Rektor yaitu Rektor Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dan Wakil Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM)  mencoba simulasi penggunaan aplikasi SIMPEL.

Selain peresmian, Kemensetneg juga menggelar sosialiasi aplikasi SIMPEL bagi kalangan Perguruan Tinggi. Sosialisasi ini dihadiri kurang lebih 158 Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Direktur Politeknik, dan Koordinator Kopertis seluruh Indonesia.

Kepala Bagian Fasilitas Kerja Sama Teknik dan Dukungan Administrasi Kemensetneg Adiyarto Sumardjono, Kepala Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik Kemenristekdikti Nada Marsudi, dan Sekretaris Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek Dikti Kemenristekdikti John Hendri hadir sebagai pembicara pada sosialiasi terkait penggunaan aplikasi SIMPEL dikalangan Perguruan Tinggi.

Aplikasi SIMPEL Mobile juga dapat diunduh  melalui Android Play Store dan iOS App Store. Kedepannya, aplikasi SIMPEL akan terus dikembangankan guna peningkatan kualitas dan tata kelola pelayanan perizinan perjalanan dinas luar negeri.

 

Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik Kemenristekdikti dan Humas Kemensetneg RI

Galeri