Mahasiswa Fakultas Kedoketeran UGM yang tergabung dalam Standing Committee on Public Health Center for Indonesian Medical Students’ Activities ( SCOPH CISMA) menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis untuk warga Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman.

Kegiatan berlangsung pada hari Minggu (26/11) lalu di di Balai desa Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman. Selain mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis dari mahasiswa Pendidikan Dokter FK UGM, warga juga berkesempatan melakukan konsultasi terutama terkait tekanan darah dan kadar gula darah dengan dokter dari Persatuan Diabetes Indonesia dan mengikuti talkshow mengenai diabetes.

Dyah Puspitaningtyas, panitia kegiatan mengatakan kegiatan pemeriksaan kesehatan tersebut merupakan bagian dari perayaan Hari Diabates Dunia 2017 yang jatuh setiap tanggal 14 November. Diselenggarakan atas kerja sama dengan SCOPH CIMSA UKDW dan SCOPH MMSA UMY mengangkat temaTaking Steps To Prevent Diabetes.

“Selain pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga, kita juga menggelar pelatihan internal,” jelasnya.

Dalam pelatihan tersebut para anggota SCOPH mendapatkan pelatihan melakukan pemeriksaan tekanan darah dan kadar gula darah sewaktu. Disamping itu juga mengikuti seminar berjudul “Overview of Diabetes Mellitus” yang dibawakan oleh dr. Bowo Pramono, Sp.Pd KEMD(K) sebagai representatif dari Persadia. (Humas UGM/Ika)