JAKARTA – Bertepatan dengan Indonesia Sience Expo (ISE) 2017, Gross Expenditure on Research and Development (GERD) resmi diluncurkan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir di Gedung Balai Kartini, Jakarta, Senin (23/10).
Dalam acara peluncuran, turut hadir Sekertaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Naim, Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Muhammad Dimyati, dan Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Bambang Subiyanto.
Melalui Indonesia Science Expo (ISE) 2017, Menteri Nasir terlihat bangga karena bangsa Indonesia memiliki banyak inovator yang mampu memberikan angin segar bagi bangsa Indonesia sehingga Indonesia dapat bersaing dengan negara lain.
“Hari ini kita dapat melihat karya para peneliti, perekayasa, dosen, inovator dan bahkan peneliti cilik calon ilmuwan Indonesia masa depan. Ini tentunya memberikan energi positif dan angin segar bagi kita semua dan memberikan harapan bahwa Indonesia dapat bersaing dengan negara lain” ujar Menteri Nasir.
Dalam paparannya, Menteri Nasir juga menjelaskan bahwa angka Gross Expenditure on Research and Development (GERD) di Indonesia naik dari tahun sebelumnya.
“Sesuai hasil penghitungan yang dilakukan Kemenristekdikti bersama tim LIPI, angka GERD Indonesia adalah 0,25%, naik dibandingkan sebelumnya yang 0,20% pada 2015. Kita akan terus memperjuangkan percepatan kenaikan pada masa mendatang sampai mencapai 4,20% pada tahun 2040” paparnya.
Selain berkesempatan untuk menyampaikan data GERD, Menteri Nasir tak lupa turut mengapresiasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang secara rutin melakukan berbagai kegiatan dalam mendukung kemajuan riset dan inovasi yang dilakukan generasi penerus bangsa seperti Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) dan National Young Inventors Award (NYIA).
“Saya harap, di usia emasnya ini, LIPI akan menjadi jendela ilmu dan harapan untuk menyongsong masa depan Indonesia yang lebih baik dan memotivasi putra-putri kita untuk terus berkarya hingga tingkat internasional,” tuturnya.
Semoga kedepannya, inovasi yang terus dilakukan generasi penerus bangsa ini merupakan salah satu langkah memajukan bangsa Indonesia dalam peningkatan daya saing di era modern ini dan didukung oleh kapasitas dan kompetensi riset yang memadai. (TJS)

Galeri