Pasca Hakteknas, ITS-UMT Malaysia Kerjasama Inovasi MaritimSetelah menghadiri kegiatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) di Makassar, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) langsung gencar menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, diantaranya dengan kampus Universiti Malaysia Terengganu (UMT), Malaysia. Disambut langsung oleh Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD, kedua belah pihak menandatangi Memorandum of Understanding (MoU) pada Jumat (11/8).

Dalam pertemuan ini, selain dari pimpinan ITS, juga dihadiri oleh perwakilan dari The Coral Triangle Initiative on Coral Reefs, Fisheries and Food Security (CTI-CFF) dan UMT Malaysia.

Dalam sambutannya, Joni Hermana mengatakan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar dengan lebih dari 17 ribu pulau memang seharusnya unggul dalam bidang maritim. “Bung Karno pernah mengatakan bahwa ITS harus fokus mengembangkan teknologi maritim di Indonesia,” terangnya singkat.

“Pemerintah pusat ingin menguatkan inovasi dalam berbagai bidang, termasuk bidang kemaritiman sebagai basis ekonomi. Ini tantangan sekaligus semangat untuk berkontibusi dan berinovasi untuk kemajuan bangsa dan negara. Oleh karena itu, kerja sama dengan UMT dan CTI-CFF menjadi sangat berarti,” jelasnya.

Dalam hal ini, CTI-CFF adalah pihak yang mendorong terjadinya kerja sama antara ITS dan UMT untuk melakukan penelitian bersama mengenai masalah yang dikaji CTI-CFF. Keluaran yang diharapkan dari kerja sama ini salah satunya adalah rancangan proposal penelitian yang akan didanai oleh pihak CTI-CFF.

Joni mengatakan, kerja sama tripartit ini akan mengambil fokus untuk menyelesaikan masalah perubahan iklim, ketahanan pangan, dan perikanan. “Utamanya terkait isu perubahan iklim yang semakin mendesak untuk diselesaikan,” imbuhnya.

Joni optimis kerja sama ini akan sangat menguntungkan semua pihak, tidak hanya bagi kedua universitas namun juga bagi kedua negara dan bagi CTI-CFF sendiri. Senada dengan Joni, Dekan Teknik Kelautan UMT, Prof Ahmad Bin Jusoh, mengaku optimis dengan kesepakatan ini.

“Saya yakin, usaha dan komitmen yang baik dari kedua belah pihak mampu menghasilkan kerja sama yang saling menguntungkan bagi semua,” tuturnya. Humas ITS