DIREKTUR: “Mahasiswa senantiasa menjaga keutuhan NKRI; Bebas dari paham-paham radikalisme, komunisme dan paham separatism”.

Atas nama pimpinan dan manajemen Politeknik Negeri  Pontianak, kami ucapkan selamat datang dikampus ini, kampus 10 terbaik Politeknik se Indonesia, kata Direktur dihadapan 1.758 mahasiswa baru. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa baru Politeknik Negeri Pontianak maka anda harus merubah diri menjadi mahasiswa terbaik, berkarakter  terbaik, berprilaku terbaik, pintanya kepada para mahasiswa. Visi Politeknik Negeri Pontianak tahun 2020 adalah terbaik baik ditingkat nasional maupun internasiolan. Saat ini visi kita (Polnep) sudah terwujud yaitu menjadi terbaik nasional dan berkat usaha kita bersama termasuk para mahasiswa, tegasnya. Keberhasilan menjadi terbaik merupakan proses yang berjalan baik, berkesinambungan dan dikerjakan bersama secara sunguh-sungguh dan hasilnya menggembirakan Politeknik Negeri Pontianak menjadi terbaik 10 nasional. Hal ini juga diumumkan dalam laman resmi Kemenristekdikti bertepatan momen HUT ke-72 Kemerdekaan RI. Indikator penilaiannya mencakup sumberdaya manusia, kelembagaan, penelitian, dan kemahasiswaan, jelasnya.

Diungkapkannya, menjadi  mahasiswa yang terbaik bukanlah hal yang mudah, harus melalui proses dan kegiatan pada hari ini merupakan salah satu proses pembentukan karakter. Karakter  yang dibentuk adalah karakter yang mempunyai kekuatan sebagai mahasiswa Indonesia yang senantiasa menjaga keutuhan NKRI atau keutuhan bangsa dan bebas dari paham-paham radikalisme, bebas paham-paham komunisme, bebas dari paham-paham separatisme yang dapat merusak bangsa ini, tegasnya.

Adik-adik pada hari ini dan ke depan dibentuk untuk menjadi mahasiswa yang memiliki karakter yang salah satunya cinta tanah air, cinta bangsa dan Negara ini. Oleh karena itu, para mahasiswa baru harus banyak belajar tentang kehidupan dilingkungan kampus khususnya di Politeknik Negeri Pontianak. Dengan jumlah mahasiswa hampir 5.000 orang dengan lingkungan kampus belum tertata dengan baik, saya sebagai pimpinan Politeknik Negeri Pontianak dan seluruh jajaran manajemen akan berupaya untuk segera menyelesaikan pembangunan yang belum terselesaikan dan tertata dengan baik. Termasuk penataan ruang parkir yang akan terus-menerus kita rapikan. Oleh karena itu, saya minta seluruh mahasiswa untuk mengikuti aturan perparkiran termasuk kebersihan lingkungan kampus. Sejak awal saya selaku pimpinan sudah mencanangkan kampus Politeknik Negeri Pontianak adalah kampus “BERIMAN”, yaitu Bersih, Indah, Nyaman dan Aman, tegasnya.

Direktur Politeknik Negeri Pontianak mengatakan, Politeknik Negeri Pontianak harus menjadi contoh kampus yang bersih dan tertata dengan baik, harapnya. Karena mahasiswalah kampus ini Berjaya dimasa depan dan karena mahasiswanyalah kampus ini menjadi kampus terbaik. Dikatakannya, adik-adil merupakan bagian yang akan membuat kampus Politeknik Negeri Pontianak Berjaya dimasa depan. Apa yang kita raih sekarang ini menjadi Politeknik dalam kategori terbaik nasional adalah upaya kerja kita bersama, kerja bersama seluruh komponen yang ada di Politeknik Negeri Pontianak, ungkapnya. Oleh karenanya, saya selaku pimpinan mengucapkan terima kasih kepada seluruh mahasiswa dan seluruh komponen atas kerja bersama sehingga kita Politeknik Negeri Pontianak menjadi terbaik. Diakhir sambutannya, Direktur Politeknik Negeri Pontianak mengucakan selamat datang kepada mahasiswa baru dan terima kasih karena telah memili Politeknik Negeri Pontianak menjadi pilihan utama melanjutkan pendidikan tinggi.

Kegiatan Pendidikan Karakter dilaksanakan dari tangga 28 sampai 30 Agustus. Pelaksanaan kegiatan dipusatkan di gedung serbaguna dan dihidiri seluruh Pembantu Direktur, para Ketua Jurusan dan Kabag AAKPSI dan Kasubag Akademik.

(Erwandi – Pranata Humas Muda)