Direktur Politeknik Negeri Pontianak H. Muh. Toasin Asha melakukan pertemuan dengan Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie dan pihak UNIMAS Serawak Malaysia di rumah dinas Walikota, Kamis 15 Maret 2018. Pertemuan ke tiga pejabat Negara  Indonesia dan Malaysia ini merupakan pertemuan pertama sejak Tjhai Chui Mie dilantik menjadi Walikota Singkawang. Perbincangan ke tiganya menyangkut permasalahan pendidikan khususnya di wilayah Kota Singkawang, yang merencanakan untuk melakukan kerjasama dengan UNIMAS Serawak Malaysia. Kehadiran Direktur Politeknik Negeri Pontianak H. Muh. Toasin Asha merupakan perminta dari pemerintah Kota Singkawang sebagai fasilitator dengan UNIMAS. Mengingat kerjasama Politeknik Negeri Pontianak dengan pemerintah Kota Singkawang sudah cukup lama dan yang saat ini telah berdiri Akademi Komunitas di Kota Singkawang  di bawah Politeknik Negeri Pontianak. Dari pihak UNIMAS yang hadir Profesor Dr. Abang Ekhsan Abang Othman Pejabat Canselori dan Hubungan Antarabangsa (UNIMAS Global), Profesor Dr. Ambigapathy Pandian (Dekan Fakulti Bahasa dan Komunikasi), Profesor Dr. Puah Chin Hong (Chief Executive Officer) dan Dr. Muhamad Sophian.

Adanya kesepakatan bersama ke dua Negara untuk  meningkatkan pendidikan terutama di wilayah Kota Singkawang dan peningkatan kerjasama termasuk dengan Politeknik Negeri Pontianak. Sebelumnya kerjasama dengan Politeknik Negeri Pontianak dan UNIMAS sudah berjalan dan direncanakan akan diperpanjang oleh ke dua belah pihak, ujar Direktur Politeknik Negeri Pontianak H. Muh. Toasin Asha.

Pertemuan tiga pejabat Negara Indonesia dan Malaysia tersebut, dilanjutkan pada esok harinya  Jum’at, 16 Maret 2018 dengan melakukan dialog bersama para Kapala SMA/SMK se- Kota Singkawang. Pertemuan yang dikemas dalam bentuk seminar internasional ini dibuka secara resmi oleh Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie dan dihadiri oleh Wakil Walikota Singkawang Irwan. Dalam sambutannya, Walikota Singkawang  mengatakan bahwa potensi pendidikan ini perlu  diungkap dalam suatu dialog pada seminar internasional ini. Potensi-potensi pendidikan harus diungkap dalam forum ilmiah agar dapat memberikan wawasan khususnya bagi guru sebagai tonggak utama dalam memajukan pendidikan Kota Singkawang, ungkap Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie mengawali sambutannya. Lebih lanjut dijelaskannya, melalui seminar ini diharapkan ada sosialisasi berkaitan  pendidikan di dua Negara yaitu Indonesia dan Malaysia. Kegiataun ini merupakan hal penting dalam menjalin hubungan ke dua Negara, khususnya di bidang pendidikan tinggi terutama pendidikan tinggi di Kota Singkawang.

Walikota Singkawang berharap kerjasama ke dua Negara ini dapat di realisasikan setalah seminar internasional ini dilaksanakan, salah satunya adalah pertukaran mahasiswa dan magang yang ada di Kota Singkawang ke UNIMAS. Diungkapkannya, pihak pemerintah Kota Singkawang menyambut baik rencana kerjasama yang akan dilaksanakan.

Pada kesempatan yang sama Direktur Politeknik Negeri Pontianak H. Muh. Toasin Asha memberikan gambaran singkat Politeknik Negeri Pontianak. Sejak berdirinya tahun 1987, Politeknik Negeri Pontianak sampai saat ini telah memiliki 8 Jurusan dan tahun 2017 Politeknik Negeri Pontianak masuk dalam klaster I perguruan tinggi vokasi terbaik di Indonesia. Direktur Politeknik Negeri Pontianak juga menyampaikan khususnya bagi UNIMAS, Politeknik Negeri Pontianak menyadari bahwa pendidikan tinggi setelah ditandatangani MEA tidak ada batas-batas Negara dalam kerjasama khususnya bidang pendidikan tinggi. Direktur juga menjelaskan, Politeknik Negeri sudah melakukan kerjasama dengan Universitas yang ada di Perancis dan sudah berjalan 4 tahun dan minggu depan tepatnya awal April akan datang 8 mahasiswa dari Perancis magang di Politeknik Negeri Pontianak dan Politeknik Negeri Pontianak mengirim 3 mahasiswa ke Universitas di Perancis. Dan perguruan tinggi di Malaysia, Politeknik Negeri Pontianak melakukan kerjasama diantaranya MUKA dalam hal pertukaran dosen dalam bimbingan tugas akhir. Untuk UNIMAS menurut Direktur sudah ada kerjasama sebelumnya, namun belum berjalan sesuai yang diinginkan, ujarnya. Dia juga berharap ke depan kerjasama lebih ditingkatkan lagi dan ke depan diharapkan ada kerjasama pendidikan untuk lanjut S3. Selain itu, Direktur meminta ada kerjasama dibidang riset atau penelitian. Direktur juga menjelaskan, Politeknik Negeri Pontianak melakukan Join Riset dengan Universitas di Inggris dalam hal sumber daya energy air.

Pada kesempatan yang sama Direktur Politeknik Negeri Pontianak H. Muh. Toasin Asha menyerahkan cindramata kepada UNIMAS dan Walikota Singkawang yang didampingi Kapala Dinas Pendidikan Kota Singkawang Najib.

(Erwandi – Pranata Humas Muda)