Jakarta, Humas LIPI. Dalam rangka menjembatani hasil riset kepada masyarakat, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali mengadakan Diseminasi Iptek LIPI “Pemanfaatan dan Penerapan Iptek untuk Daerah” di desa Lajuk, kecamatan Porong, kabupaten Sidoarjo pada Rabu, 28 Februari 2018.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala LIPI, Bambang Subiyanto menjelaskan bahwa LIPI memiliki hasil-hasil riset yang harapannya bisa memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi masyarakat, sekaligus dapat menguntungkan petani lokal. Contohnya saja, Pupuk Organik Hayati (POH). “POH ini terbukti berhasil meningkatkan produksi pertanian dari 8 ton menjadi 12 ton,” ujarnya. “Pada intinya, LIPI ingin memberikan kontribusi ilmu pengetahuan yang berbasis anak bangsa untuk memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi masyarakat dan lingkungan,” tambahnya lagi.

Bambang, yang juga asli Sidoarjo, menegaskan bahwa LIPI tidak memberikan “ikan” tetapi “kail”. Untuk itu, LIPI melakukan pelatihan pembuatan POH yang juga sudah dilakukan di seluruh Indonesia pada kegiatan diseminasi kali ini. Tidak hanya pelatihan, LIPI juga memberikan peralatan untuk membuat POH tersebut. Bambang juga mempersilahkan masyarakat untuk meniru dan memperbanyak teknologi POH ini. “Yang paling penting adalah pemilihan orang-orang yang akan melakukan transfer teknologi dari LIPI,” tutupnya.

Senada dengan Bambang, Syaikul Islam Ali,Wakil Ketua Komisi VII DPR RI mengingatkan pentingnya pemahaman ilmu pengetahuan dalam kehidupan masyarakat. “Hasil penelitian LIPI harus kembali ke masyarakat. Peneliti biasanya mengurusi hal-hal yang “tinggi”, namun tetap saja kontribusi ke masyarakat harus ada,” tegasnya. Untuk itu, Syaikul menghimbau para peserta diseminasi untuk benar-benar memanfaatkan ilmu yang dibagikan LIPI saat program diseminasi ini, sehingga dapat dipraktekkan secara berkesinambungan.

Dalam kegiatan diseminasi kali ini, dilakukan penanaman simbolis bibit Mangga dan Lengkeng, penyerahan POH dan alatnya kepada warga desa Lajuk. Selain itu, juga dipaparkan pengenalan LIPI dan pemanfaatan hasil penelitian LIPI untuk daerah, pengenalan konservasi dan budidaya tanaman Mangga dan lengkeng, dan Pupuk Organik Cair Hayati. Diseminasi iptek LIPI kali ini pun ditutup dengan simulasi pembuatan Pupuk Organik Cair Hayati. (dig)

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI