Politeknik Negeri Pontianak menjalin kerja sama dengan Kolej Vokasional Matang, Malaysia. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Direktur Polnep, Ir HM Toasin Asha MSi dan Direktur Utama Kolej Vokasional Matang, H Mohamad Sahran di gedung Polnep, Jumat, 23 Maret 2018.

Toasin menyampaikan, pertemuan tersebut sangat berharga dalam menjalin kerjasama ke depan. Polnep telah banyak menjalin kerjasama dengan negara lain, khususnya di Kuching, Malaysia. Semoga kerjasama ini memberikan makna tersendiri, ujarnya.

Menurutnya, kerjasama tersebut menjadi kehormatan bagi Polnep. Perjanjian kerjasama yang sudah ditandatangani bersama tersebut akan diimplementasikan dengan baik. Meski berbeda negara, Polnep dan Kolej Vokasional Matang ada dalam satu pulau yang sama. Kebanggaan kami bisa kerjasama dalam pertukaran mahasiswa dan pengajar sesuai mata kuliah, katanya.

Kerjasama keduanya dinilai sangat pas, sehingga berpotensi dikembangkan dalam bentuk penelitian bersama. “Otomotif dan engineering menjadi mata kuliah andalan. Harapan kami saat pertukaran mahasiswa dan dosen nanti, kami sama-sama mendapatkan ilmu yang bermanfaat,” ujarnya.

Sementara itu, Mohamad Sahran menyampaikan, pihaknya akan memanfaatkan kerjasama tersebut, terutama dalam materi pembelajaran bagi para pengajar. “Sehingga kami dapat pengalaman yang banyak dari kerjasama ini. Kami akan terus melakukan inovasi dari beberapa program mata kuliah. Melalui kerjasama ini tentu banyak pelajaran yang kami serap,” katanya.

Mohiuddin Ghazali, Konsul Malaysia di Pontianak yang turut menyaksikan penandatanganan kerjasama tersebut berharap, kerjasama antara Polnep dan Kolej Vokasional Matang dapat meningkatkan kualitas seluruh mahasiswa dari kedua Negara, khususnya bagi dosen dan pengajar dari keduanya,” pungkasnya. Penandatangan MoU dihadiri para pejabat ke dua perguruan tinggi dan dihadiri oleh wakil Kementerian pendidikan Malaysia. Setelah melakukan diskusi, rombongan Kolej Vokasional Matang berkeliling melihat fasilitas dan kelengkapan perkuliahan di Politeknik Negeri Pontianak di damping beberapa Ketua Jurusan.

(Erwandi – Pranata Humas Muda)