Untuk mengimplementasikan visi dan misi Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) sebagai perguruan tinggi terpercaya tingkat internasional, telah dilakukan kerjasama dengan berbagai universitas di luar negeri termasuk pertukaran mahasiswa. Salah satu perguruan tinggi luar Indonesia yang telah melakukan program kerjasama pertukaran mahasiswa adalah Universite de Valenciennes Perancis. Pada bulan April 2015 pihak Universite de Valenciennes Perancis mengirim 4 orang mahasiswanya magang di Politeknik Negeri Pontianak selama 4 bulan, yaitu: Arthur Flipo, Elyas I’m Hand, Tanguy Legrand, dan Pierre Schulz dari bulan April s.d akhir Juni 2015. Kerjasama tersebut bermula dari undangan join working grup antara Indonesia dan Perancis, di mana Polnep sebagai salah satu peserta, tahun 2014. Sebagai tindaklanjut balasan program kerjasama mahasiswa, pada tahun yang sama Polnep mengirim 2 mahasiswa ke Universite de Valenciennes Perancis sekitar bulan September 2015.

Sebagai perguruan tinggi terbaik, Polnep secara terus menerus melakukan berbagai pembenahan berbagai bidang, termasuk peningkatan kerjasama baik nasional maupun internasional. Hal ini dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas Polnep lulusannya. Melalui kepemimpinan Ir.H.M.Toasin Asha, M.Si, Polnep melakukan kerjasama berbagai pihak untuk menjadikan Polnep sebagai Pusat Unggulan, Pusat Standard, dan Pusat Inovasi dan Kreatifitas. Untuk mencapai visi tersebut salah satu upaya yang dilakukan Politeknik Negeri melakukan kerjasama pihak luar yang salah satunya menandatangai Memorandum of Agreement (MoA) untuk kegiatan Internship (magang) antara Polnep dengan Universite de Valenciennes. Penandatangan MoA dilakukan di Kampus Universite de Valenciennes pada tanggal 05 Oktober 2015 di Perancis.

Tindaklanjut kerjasama tersebut, bulan April 2016 Polnep kembali mengirim 2 mahasiswa untuk magang di Universite de Valenciennes. Pada tanggal 05 sampai 07 April Polnep akan mengikuti Join Working Group (JWG) Indonesia – Perancis di La Rochelle yang diwakili oleh M. Ali, S.Pd, M.EIL Kepala Hubungan Internasional. Dan ditahun ini juga (2016) pihak Universite de Valenciennes akan mengirim 8 mahasiswanya magang di Polnep. Kegiatan magang mahasiswa merupakan salah satu untuk mengimplementasikan visi dan misi Polnep sebagai perguruan tinggi terpercaya baik tingkat nasional maupun internasional. (Erwandi /Humas Polnep)