Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia (FPTVI) akan menggelar Pekan Pendidikan Vokasi 2017 pada 11–13 Oktober 2017 mendatang di Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) dan IPB International Convention Center (IICC) Bogor. Program Diploma IPB akan bertindak sebagai tuan rumah pada kegiatan yang beragendakan Kongres IV FPTVI, 1st International Conference on Applied Science for Food and Energy Sovereignty, Olimpiade Ilmiah Mahasiswa Vokasi Indonesia, dan Gelar Inovasi Vokasi Indonesia 2017.

Masih dalam rangkaian kegiatan tersebut, pada 20 September 2017 digelar Pra Kongres Ke-IV di Executive Lounge Program Diploma IPB. Pada Pra Kongres kali ini dihadiri oleh Pengawas dan Pengurus FPTVI, antara lain Ir. Hotma Prawoto Sulistyadi, MS., IP.MD. (UGM); Dr. D. Iwan Riswandi (IPB); Prof. Dr. Sigit P. Hadiwardoyo (UI); Dr. Wawan Oktariza (IPB); Muh. Khairudin, Ph.D. (UNY); Dr. Antony Sihombing (UI); Mohammad Ridha, S.Sos., M.Si. (UI); Arman Faslih, ST, MT (UHO); Dr. Machsus (ITS); Janny F. Abidin, M.T. (STTNAS); Prof. Dr. Retna Apsari (UNAIR); Ir. Ari Wahyudi, M.T. (UB).

Ketua FPTVI, Sigit, mengatakan dalam Pra Kongres ini mendiskusikan kesiapan pelaksanaan kongres dan isu-isu terkini berkaitan dengan pengembangan Pendidikan Tinggi Vokasi. Secara khusus, tujuan dari penyelenggaraan Pra Kongres ini adalah untuk mengevaluasi kongres sebelumnya, melihat persiapan kongres yang akan datang dan menyiapkan topik-topik yang akan dibahas bersama pengurus.

Lebih lanjut Sigit mengatakan bahwa saat ini Indonesia membutuhkan ketenagakerjaan professional yang ahli dalam bidangnya. Lulusan vokasi  dilatih untuk siap kerja dengan didukung oleh ijazah dan sertifikasi kompetensi dari perguruan tinggi tempat mereka kuliah. Sertifikat kompetensi tersebut menjadi kontrol kebutuhan dunia kerja sesuai dengan keahlian serta kurikulum yang berlaku. Sertifikasi sudah mulai diterapkan di beberapa perguruan tinggi seperti IPB, UGM, dan UI. Sertifikasi ini juga diharapkan dapat diterapkan di seluruh perguruan tinggi yang memiliki jenjang pendidikan program Diploma di Indonesia agar lebih merata. Untuk menunjang  dan menghasilkan lulusan terbaik, tim pengajar pun perlu diberikan pelatihan yang bersifat praktis untuk meningkatkan kualitas pengajar.

Harapan lainnya dari penyelenggaraan kegiatan ini ialah ingin menciptakan pendidikan vokasi sesuai dengan yang diharapkan undang-undang, meningkatkan tenaga kerja yang professional sesuai dengan bidang masing-masing sehingga dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan tidak mengambil sumberdaya manusia (SDM) asing. Dalam kongres-kongres sebelumnya selalu dilakukan introspeksi sudah sejauh mana kurikulum yang diterapkan sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Secara teknis, acara Pekan Pendidikan Vokasi Indonesia (PPVI) ini akan berlangsung selama tiga hari. Hari pertama 11 Oktober 2017 akan diselenggarakan Kongres IV FPTVI, bertempat di IICC. Kemudian di hari kedua, 12 Oktober 2017 akan dilaksanakan “1st International Conference on Applied Science for Food and Energy Sovereignty bertempat di IICC. Di samping itu pula dilaksanakan kegiatan Olimpiade Ilmiah Mahasiswa Vokasi Indonesia yang bertempat di Kampus Cilibende Program Diploma IPB. Sedangkan untuk Gelar Inovasi Vokasi Indonesia akan dilaksanakan pada 12-13 Oktober 2017 bertempat di Kampus IPB Baranangsiang, Bogor. Info lebih lengkap dapat diunduh melalui icas.diploma.ipb.ac.id danolinamasi.diploma.ipb.ac.id.***

CP : Willy Bachtiar

0251 8329 101

0813 1342 1127

bachtiarwilly27@gmail.com