Antusiasme masyarakat sangat terlihat menyambut gelaran Puspiptek Inovation Festival (PIF) 2017 yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) pada 29 September – 1 Oktober di Kawasan Puspiptek Serpong.

Tercatat 2.738 orang terdaftar online mengikuti berbagai kegiatan dalam PIF 2017. “Masih banyak yang akan daftar tapi terpaksa kami tolak karena slot terbatas,” terang Sri Setiawati Kepala Puspiptek yang merangkap sebagai Ketua Panitia PIF 2017.

PIF 2017 merupakan gelaran perdana Puspiptek yang dikemas secara populer untuk memberi inspirasi kepada masyarakat dan generasi muda untuk mencintai iptek, mendorong semangat inovasi, mendorong semangat kewirausahaan berbasis teknologi, mendorong sinergi lembaga litbang perguruan tinggi, pemerintah, industri dan lembaga penunjang untuk menciptakan lebih banyak lagi produk-produk inovasi.

PIF 2017 merupakan wahana promotif dan edukatif supaya masyarakat luas terutama generasi muda mengenal lebih dekat Puspiptek beserta fasilitas-fasilitas yang tersedia, sumber daya manusia, serta produk-produk inovasi yg dihasilkan oleh institusi penelitian, pengembangan serta perekayasaan iptek yang ada di kawasan Puspiptek.

Gelaran PIF 2017 ini dibuka oleh Menristekdikti Mohamad Nasir didampingi Sekjen Kemristekdikti Ainun Na’im, Ditjen Penguatan Inovasi Jumain Appe, Kepala Puspiptek Sri Setiawati dan Walikota Tangerang Selatan Airin pada Jumat (29/9). Menristekdikti mengapresisi pelaksanaan perdana PIF sebagai salah satu bentuk promosi kepada masyarakat terkait capaian penguasaan iptek dan inovasi anak bangsa.

Cakupan pelaksanaan PIF menurut Menristekdikti sangat berpotensi diperluas. Tidak hanya pada tataran lokal nasional saja namun harus bisa masuk pada level regional maupun internasional. Sehingga gelaran ini mampu menjadi ajang promosi capaian penguasaan iptek dan inovasi Indonesia di kancah global.

“Kalau PIF tahun ini masih (tataran) lokal. Ke depan kita bisa meng-invite Asia Tenggara. Bisa meng-invite negara-negara lain,” tegas Menristekdikti.

Puspiptek Inovation Festival ini diproyeksikan menjadi agenda tahunan Puspiptek. Bahkan Pemerintah Kota Tangerang Selatan akan menjadikan PIF sebagai salah satu event destinasi wisata edukasi berbasis teknologi.

“Kami akan dukung PIF sebagai destinasi wisata di Tangsel. Ini akan menimbulkan multi player efek yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Tangsel,” terang Airin – Walikota Tangerang Selatan.

Selama pelaksanaan PIF akan diselenggarakan berbagai kegiatan menarik antara lain expo, seminar, workshop, bisnis connect, technopreneur camp, kompetisi roket air nasional 2017, treasure hunt, dan berbagai kegiatan menarik lainnya.

Ayo ajak keluarga untuk semarakan Puspiptek Inovation Festival 2017! Kenal, Bangga, dan Ceritakan!