SIARAN PERS
No : 125/SP/HM/BKKP/VII/2018

 

Jakarta – Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan (Risbang) Muhammad Dimyati hadiri malam Apresiasi Inovasi yang digelar oleh Koran SINDO, di Grand Ballroom Westin Hotel, Jakarta (30/7).

Dalam kesempatan tersebut Dirjen Risbang mengungkapkan dalam era Revolusi Industri 4.0, peran Pengembangan Riset dan Inovasi dalam sebuah perusahaan semakin signifikan. Saat ini, Indonesia baru menyisihkan anggaran riset sebesar 0.25 % per GDP, atau setara dengan 30.8 Triliun Rupiah. Namun, Dirjen Risbang mengapresiasi semangat peneliti Indonesia yang telah berhasil meningkatkan jumlah publikasi Indonesia di Internasional. Beliau berharap perusahaan dapat ikut berperan dalam menyokong pengembangan riset nasional.

Dirjen Risbang menambahkan agar jurnal-jurnal ilmiah juga dapat dimuat di media populer agar dapat dibaca oleh masyarakat luas, tidak terbatas bagi segelintir kalangan saja. Tentu saja jurnal ilmiah tersebut harus disesuaikan penulisannya dengan karakteristik tulisan di media populer.

“Anggaran riset Indonesia tidak terlalu besar dibandingkan dengan negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan sebagainya. Namun pertumbuhan publikasi penelitian Indonesia beberapa tahun belakangan ini terus meningkat. Saya berharap output dari penelitian tersebut dapat dibaca oleh masyarakat luas melalui berbagai media, termasuk media populer,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Chairman of MNC Group Harry Tanoesoedibjo juga mengatakan bahwa Inovasi dalam dunia bisnis saat ini menjadi penting. Ia menambahkan bahwa inovasi di dalam sebuah perusahaan haruslah berkelanjutan, apabila ingin bersaing dan bertahan dalam dunia bisnis saat ini.

“Dunia usaha harus berinovasi apabila ingin bersaing dan bertahan. Berinovasi bukan hanya mengembangkan yang baru saja, atau memperbaiki yang ada, namun harus mampu menggeser dari zona yang sangat kompetitif ke zona yang tidak begitu kompetitif tapi kita dapat melihat peluang disana,” ungkapnya.

Malam Apresiasi Inovasi merupakan rangkaian perayaan hari jadi Koran Sindo yang ke-13, yang memberikan penghargaan kepada 18 perusahaan di Indonesia yang mampu menciptakan inovasi tepat guna bagi perusahaannya pada setiap bidang. Dengan tema “Sinergi dan Kolaborasi,” merupakan kali kedua bagi Koran Sindo menggelar Malam Apresiasi Inovasi.

Turut hadir dalam acara tersebut Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti Jumain Appe, Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendes Taufik Majid, Direktur Utama Koran Sindo Saruri Alfariq, Pemimpin Redaksi Koran Sindo Pung Purwanto, Wakil Gubernur Jawa Timur Terpilih Emil Dardak, serta tamu undangan lainnya.

 

Dwi Rizqa Ananda

Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik
Kemenristekdikti