SIARAN PERS

No : 123/SP/HM/BKKP/VII/2018

 

Cirebon – Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir melakukan kunjungan kerja ke Universitas Swadaya Gunung Jati (Unswagati), Cirebon, Jawa Barat (22/7). Dalam kunjungan kerja ini Menteri Nasir memberikan kuliah umum ke civitas akademika Unswagati dan melakukan Peresmian Gedung Baru yang akan digunakan oleh Fakultas Kedokteran Unswagati sebagai gedung belajar.

 

Menteri Nasir di hadapan ratusan mahasiswa dan sivitas akademika Unswagati mengatakan bahwa pendidikan dan riset merupakan hal yang esensial untuk meningkatkan sumber daya manusia Indonesia, oleh karena itu Menteri Nasir mengingatkan dosen dan guru besar di Unswagati untuk wajib publikasi.

 

“Saya mengeluarkan kebijakan dosen dan guru besar wajib publikasi. Profesor jangan melupakan kewajiban,” ujarnya.

 

Rektor Universitas Swadaya Gunung Jati Mukarto Siswoyo mengatakan bahwa Unswagati akan terus mendukung kebijakan Menristekdikti dalam meningkatkan mutu Perguruan Tinggi di Indonesia, dengan meningkatkan pengembangan sumber daya lulusan Unswagati serta mendorong sivitas akademika Unswagati untuk lebih produktif melakukan penelitian dan publikasi ilmiah. Beliau berharap agar penelitian tersebut dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk mahasiswa.

 

“Para dosen kami dorong untuk mengajukan proposal penelitian melalui  Simlitabmas dan LPDP. Kami juga menyediakan pendanaan riset internal “Riset Unggulan Unswagati” untuk mendukung dosen melakukan penelitian dan publikasi ilmiah,” ujarnya.

 

Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Swadaya Gunung Jati Dadang Iskandar mengatakan pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan layanan pendidikan tinggi kepada masyarakat diantaranya melalui peningkatan sumber daya manusia dan sarana dan prasarana.

 

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Sekretaris Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Agus Indarjo serta tamu undangan lainnya.

 

 

Dwi Rizqa Ananda

Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik

Kemenristekdikti