Keamanan informasi sangat penting pada zaman sekarang. Era digitalisasi menyasar semua lini. Dalam hal ini, LAPAN meraih penghargaan untuk kategori implementasi keamanan informasi pemerintah,. Bertempat di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (31/10), LAPAN menerima “TOP IT Implementation on Information Security of e-Government 2017” yang diselenggarakan Majalah iTech. Penghargaan ini diterima Sekretaris Utama, I. L. Arisdiyo.

Penganugerahan TOP IT & TELCO 2017 kali ini mengangkat tema “Digital Business Transformation for Great Indonesia”. Ajang penghargaan ini didukung beberapa asosiasi TI TELCO, seperti ASPEKTI (Asosiasi Perusahaan Konsultan Telematika Indonesia), IKTII (Ikatan Konsultan TI Indonesia), ATSI (Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia), ABDI (Asosiasi Big Data Indonesia), serta lembaga lainnya.

“Bidang TIK ini terus mengalami perkembangan yang cepat sekali, baik aplikasi software bisnis, produk hardware, dan solusi lain berbasis IT & TELCO. Terlebih dengan berkembangnya konsep smart, seperti smart city, smart office, dan konsep lain yang kian berkembang luas di era internet. InI merupakan penghargaan tertinggi bidang IT & TELCO di Indonesia – The Biggest of IT & TELCO Awarding In Indonesia,” ungkap M. Lutfi Handayani, Ketua Penyelengara TOP IT & TELCO 2017 yang juga Pemimpin Redaksi Majalah iTech .Kegiatan TOP IT & TELCO 2017 yang sudah diselenggarakan ke-4 kalinya ini, bertujuan mendorong kalangan bisnis, institusi pemerintah, BUMN, dan lembaga lain. Hal tersebut agar senantiasa peka dalam menyikapi tren perkembangan IT & TELCO dengan melakukan up date. Bahkan, lebih kreatif dalam mengembangkan inovasi dan solusi IT & TELCO di setiap instansi untuk kemajuan instansi. Tentunya akan berdampak luas bagi masyarakat, sekaligus bisa meningkatkan daya saing pembangunan nasional.

Dewan Juri menetapkan ada 53 perusahaan dan 25 instansi pemerintah yang mendapatkan penghargaan tersebut. Kriteria utama dalam menentukan pemenang adalah, perusahaan atau instansi pemerintahan, yang dinilai berhasil dalam hal implementasi TI dan Telco di perusahaannya. Serta, perusahaan tersebut mampu memanfaatkannya untuk meningkatkan kinerja, daya saing, dan layanannya.

Acara penganugerahan ini dihadiri pejabat struktural di lingkungan Pusat Teknologi Informasi dan Standar Penerbangan dan Antariksa (Pustispan) LAPAN, di antaranya Kepala Pustispan, Chusnul Tri Judianto, Kepala Bidang Sistem Informasi, Suwardi, dan Kepala Sub Bagian Tata Kelola TI, Fahmi Alusi.

sumber: https://www.lapan.go.id/index.php/subblog/read/2017/3879/Teknologi-Informasi-LAPAN-Sabet-TOP-IT-Implementation-on-Information-Security-of-e-Government-2017/berita