Surabaya – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), hari ini (30/10/2017) telah berhasil mempersembahkan hadiah ulang tahunnya yang ke-57 kepada bangsa Indonesia dengan meraih Juara I Lomba Kendaraan Berbahan Bakar Bahan Kimia yang diselenggarakan oleh American Institute of Chemical Engineers (AIChE) dalam kompetisi internasional yang bertajuk “AIChE Chem-E-Car  Competition 2017” di Minneapolis, Amerika Serikat.

“Tim Spektronics ITS telah berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan menyisihkan 43 kompetitor dari Universitas-universitas unggulan di Negara Paman Sam tersebut dan beberapa universitas dari negara lainnya seperti Saudi Arabia, Qatar, Republik Rakyat Tiongkok, Kanada, Yunani, Taiwan, Korea, Hong Kong, India, Kolumbia. Sedangkan dari Amerika Serikat sendiri, univeritas yang ikut juga cukup membuat ngeri, sebut saja: Arizona, Colorado, Cornell, Iowa, Georgia, Oklahoma, Oregon, California, Cincinnati, Kentucky, Lousiana, Maryland, Michigan, Nebraska, Pittsburgh, Tenesse, Virginia, Washington State University,” ujar Rektor ITS, Joni Hermana.

Berikut ini 3 (tiga) besar hasil Race Competition:

  1. ITS Surabaya, Indonesia
  2. University of California, USA
  3. University of North Alabama

Rektor ITS Joni Hermana mengatakan, lomba ini terdiri dari Babak Pendahuluan (presentasi dan menguji kesiapan sistem spesifikasi dan keamanan), serta Babak Race (2 run).

“Tim ITS sempat dibuat deg-degan karena sampai detik terakhir babak pertama, mobil ITS masih belum mendapat Green Flag akibat salah satu valve dianggap dibawah standar mereka. Tetapi, dengan semangat yang tinggi dan setelah diskusi Panjang, tim ITS akhirnya diperbolehkan untuk tampil oleh Juri setelah melalui standar yang sangat ketat,” ucap Rektor ITS.

Dirinya menambahkan, Pada babak Race, lomba dibagi dua, setiap peserta diharuskan menempuh jarak 23,5 m dengan beban air yang sama yaitu 157 ml. Ketentuan ini diinformasikan 1 jam sebelumnya dan tim harus meramu bahan kimia H2O2 yang harus disuntikkan agar mampu mencapai jarak sedekat mungkin dengan ketentuan di atas. Tim yang berhasil meraih jarak paling dekat dengan target yang akan menjadi juara.

“Tim ITS bisa mendapatkan hasil kalkulasi bahan kimia yang tepat berdasarkan Run di ronde pertama sehingga jaraknya hanya selisih 2 cm dari target sehingga akhirnya keluar menjadi Juara 1. Perolehan ini cukup jauh dibandingkan pesaing lainnya,” paparnya.

Selain raihan ini, Tim ITS juga berhasil meraih Juara I dalam Video Competition Chem-E-Car. Video berdurasi pendek ini adalah hasil karya mahasiswa ITS yang tergabung dalam ITS-TV. Hebatnya lagi, pada saat yang bersamaan Tim ITS TV ini juga menjadi Juara 1 di Acara Video Competition yang diadakan Universitas Negeri Surabaya (UNESA).

“Yang perlu dicatat bagi kita semua atas prestasi ini adalah diakuinya Indonesia sebagai negara ke 4 (empat) setelah China, Hongkong, Korea dan Saudi Arabia yang dapat menyelenggarakan Kompetisi Chem-E-Car yang diakui oleh IAChE dan tentu saja diakuinya Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia sebagai Student Chapter IAChE,” tutur Rektor Joni Hermana.

Selamat dan sukses atas keberhasilan tim Spektronics ITS karena telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, terutama untuk para mahasiswa ITS dan pembimbinng Hamzah Fansuri yang telah berjuang dengan gigih sampai gelar juara diraih.

Kalian layak menjadi pahlawan Arek ITS Sepuluh Nopember!

Sumber: Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Joni Hermana.