JAKARTA – Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Ainun Na’im menjelaskan bahwa tugas-tugas para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang telah diterima di formasi Kemenristekdikti tahun 2018 sudah menanti didepan mata.

“Pekerjaan rumah kita banyak dan besar, sebagai Kementerian kita punya kewajiban dan kontribusi untuk meningkatkan daya saing bangsa serta indeks pembangunan manusia. Ada tiga ukuran dari indeks pembangunan manusia salah satunya adalah tingkat pendidikan,” pesan Ainun dalam arahannya didepan 150 peserta ‘Presidential Lecture’ dan Pembekalan CPNS 2018 dari Kemenristekdikti di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (26/3).

Sesjen Ainun memaparkan, ada beberapa tugas-tugas penting Kemenristekdikti yang salah satunya adalah meningkatkan mutu pendidikan tinggi dan kemampuan dalam berinovasi agar dapat menciptakan teknologi baru dan lain sebagainya yang punya manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

“Kita semua disini perlu untuk mempunyai kontribusi nyata dalam pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), yang nantinya akan lahir inovasi baru sehingga bisa dikatakan invensi atau temuan-temuan, bisa dikomersialkan dan dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Nantinya dari 150 CPNS yang hadir dalam acara ini akan mengikuti Kuliah Umum yang bertajuk ‘Presidential Lecture’ yang akan diberikan secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada lebih dari 5.000 CPNS hasil rekrutmen tahun 2017. Acara tersebut akan berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, pada Selasa (27/3).

Sesjen Ainun berpesan kepada 150 CPNS Ristekdikti yang hadir untuk dapat menggunakan kesempatan yang baik tesebut dan mempersiapkannya dengan serius dan dapat mewakili dan menjaga nama Kementerian, Perguruan Tinggi, dan diri sendiri sebagai profesional yang baik.

“Tentunya ada sesuatu yang sangat penting dan strategis yang akan disampaikan oleh Bapak Presiden Jokowi. Para peserta CPNS dari Ristekdikti disini sangat beruntung dapat mengikuti acara tersebut karena tidak semua CPNS bisa mendengarkan secara langsung arahan dari Bapak Presiden, hanya 10% saja dari total CPNS yang diterima,” ucapnya.

Hadir juga dalam acara ini, Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Kemenristekdikti, Ari Hendarto. Dirinya juga menaruh harapan kepada CPNS Kemenristekdikti yang sudah diterima agar bisa memberikan optimisme kepada masyarakat serta dapat melayani masyarakat dengan baik dan profesional. (ARD)

Galeri