Depok – Universitas Indonesia (UI) berhasil keluar sebagai Juara Umum Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) X/2017. Setelah melalui rangkaian pertandingan sejak Kamis (2/11) di kampus UI Depok, tim mahasiswa UI berhasil meraih Medali emas atau predikat Juara Satu pada empat dari sepuluh kategori lomba yang secara keseluruhan diikuti oleh 110 tim dari 36 Perguruan Tinggi yang tersebar di 18 propinsi se-Indonesia. Pengumuman dan Penutupan GEMASTIK X/2017 dilaksanakan pada Sabtu (4/11/17) di Sabha Widya UI kampus Depok.

Para pemenang Juara Satu, Dua dan Tiga pada setiap kategori mendapatkan hadiah berupa Piagam dan Uang Tunai masing-masing senilai Rp 5 juta ; Rp 3,5 juta dan Rp 2 juta. Sedangkan Perguruan Tinggi yang keluar sebagai Juara Umum berhak membawa pulang Piala Bergilir bernama “Samakbya Padhesa Widya” yang artinya “Informasi yang benar untuk ilmu pengetahuan.”

Pada kategori Pemrograman, Tim Gak Ada Pencerahan dari UI diikuti tim Ainge ST dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan tim Itu Aja dari UI berhasil berturut-turut meraih peringkat pertama, kedua dan ketiga. Kategori lomba kedua yaitu Pengembangan Aplikasi Permainan, tim Fragments dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), tim Vonnbit dari Universitas Pertamina dan tim MorningStar dari Universitas Telkom meraih juara pertama, kedua dan ketiga. Berikutnya, Tim Jupiter dari Institut Pertanian Bogor (IPB), tim Kalian Semua dari UI dan tim BCC-weebs dari Universitas Brawijaya berhasil mendapatkan peringkat pertama, kedua dan ketiga pada kategori Pengembangan Perangkat Lunak. Tim Usagi_Security dari UI berhasil meraih peringkat pertama pada kategori Keamanan Jaringan dan Sistem Informasi sedangkan Rebel dari ITB meraih peringkat kedua sedangkan tim AV dari ITB dan tim Saya dari IPB keduanya berhasil meraih juara tiga.

Pada kategori Animasi, tim Animedia 1.0 dari STMIK Teknokrat berhasil meraih predikat juara pertama, diikuti oleh tim Root dari Politeknik Negeri Batam dan tim B3stie dari Universitas Telkom yang meraih juara dua dan tiga. Selanjutnya, pada kategori Piranti Cerdas & Embedded System, tim Ristek hehe dari UI, tim 8rainy dari Universitas Telkom dan tim Pejuang Terakhir dari Politeknik Negeri Jakarta berhasil memperoleh raihan juara satu, dua dan tiga. Berikutnya, Desain User Experience, tim Bounce Team dari Universitas Pendidikan Indonesia, tim The Team dari Universitas Telkom, dan tim Ntap dari UI berhasil meraih juara pertama, kedua dan ketiga. Tim Laboran dari Universitas Brawijaya, tim Lives dari UI dan tim Yourchance dari UI berhasil menjadi pemenang pertama, kedua dan ketiga pada kategori Pengembangan Bisnis TIK. Lebih lanjut, tim Taleus dari ITB berhasil memperoleh Juara pertama pada kategori Data mining, diikuti oleh tim Anti Judi dari UI dan tim Huwalaumba dari ITB yang berturut-turut memperoleh peringkat dua dan tiga. Kategori terakhir yaitu e-Government, tim Sunstar.Gov dari UI, tim The Fadheelah dari UI dan tim Infinite_E-Govdev dari Universitas Negeri Yogyakarta berhasil memenangkan kompetisi dengan predikat juara pertama, kedua dan ketiga secara berturut-turut. Sedangkan pemenang non kategori, peraih pemenang Best Poster jatuh kepada Tim Aphrodite dari Universitas Internasional Semen Indonesia. Sedangkan untuk predikat Most Inspiring Team diraih oleh Tim Bossloker dari Universitas Syiah Kuala.

Ketua Panitia GEMASTIK X/2017 Dr. Arman Nefi menyampaikan selamat kepada Juara Umum dan para pemenang maupun para finalis. “Kami sangat bangga melihat antusiasme para mahasiswa se-Indonesia di dalam mengikuti kegiatan GEMASTIK ini. Terbukti dari tahun ke tahun, GEMASTIK semakin kompetitif dimana tercatat tidak kurang dari 2.307 tim yang berasal dari 113 Perguruan Tinggi se-Indonesia telah mendaftarkan pada 10 kategori lomba GEMASTIK. Diharapkan, para mahasiswa tidak hanya puas pada pencapaian hari ini melainkan terus berkarya dan menyalurkan semangat inovasinya di dalam pengembangan TIK untuk kemajuan SDM bangsa Indonesia.”

Hafidz Rafizal Adnan, salah satu perwakilan dari Tim Sunstar.Gov dari UI selaku Juara Umum Gemastik X/2017 menuturkan, “Menurut kami, salah satu kunci kemenangan tim kami adalah pemilihan topik yang unik dimana area kesehatan merupakan area yang belum banyak terjamah di bidang IT. Kami membuat sebuah aplikasi yang memudahkan masyarakat mengetahui sebaran penyakit menular di Indonesia. Dengan demikian dapat memberikan informasi bagi masyarakat serta pemerintah. Kedepannya, dibutuhkan riset lebih mendalam lagi agar aplikasi ini dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan memberikan kemudahan dari segi user interface dan sistemnya.”

UI selaku tuan rumah Gemastik X/2017 sangat mendukung ajang lomba TIK Nasional seperti ini karena mampu mendorong kemajuan pendidikan teknologi informasi di Indonesia. Selain itu, penyelenggaraan GEMASTIK sangat dibutuhkan di era digital sekarang ini, dimana para mahasiswa yang merupakan tulang punggung pertumbuhan inovasi TIK Indonesia membutuhkan wadah untuk memacu ide dan kreativitasnya pada penguasaan ilmu TIK. Diharapkan, para mahasiswa UI dan Perguruan Tinggi lainnya tidak putus berkarya sampai sini saja melainkan terus kembangkan potensi diri agar dapat menjadi SDM handal dan tanggung di bidang Teknologi Informasi guna meningkatkan daya saing bangsa.

GEMASTIK merupakan rangkaian perlombaan, pameran dan seminar di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah berkesinambungan setiap tahunnya. Kegiatan ini merupakan program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas peserta didik sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya di Indonesia.

Humas GEMASTIK X/2017