Siaran Pers RISTEKDIKTI

Nomor : 14/SP/HM/BKKP/II/2018

Jakarta – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) memiliki berbagai program dan kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia serta memperluas akses pendidikan tinggi bagi semua kalangan masyarakat. Agar informasi mengenai berbagai program dan kebijakan Kemenristekdikti di bidang pendidikan tinggi tersebut dapat diketahui oleh publik luas, Kemenristekdikti ikut berpartisipasi pada pameran pendidikan International Education & Training EXPO (IIETE) 2018 yang digelar di Jakarta Convention Centre, Jakarta. IIETE 2018 digelar selama 4 hari berturut-turut mulai dari tanggal 22 Februari 2018 – 25 Februari 2018.

Indonesia International Education and Train Expo (IIETE) yang ke 27 merupakan merupakan salah satu pameran pendidikan dan pelatihan tahunan terbesar di Indonesia. Pameran pendidikan ini menampilkan lebih dari 120 PTN, PTS, Sekolah Kedinasan, Lembaga pelatihan & kursus terkemuka di Indonesia dan serta turut berpatisipasi berbagai perguruan tinggi dari mancanegara seperti Turki, Taiwan, Japan, USA, dan Australia.

Mohammad Syukur selaku ketua penyelenggara mengatakan IIETE memiliki nilai strategis karena memberikan informasi kepada calon mahasiswa khususnya pelajar sekolah menengah atas mengenai produk produk pendidikan tinggi, mulai program pendidikan berjenjang Diploma, S1,S2, S3, profesi, kelas paralel, kelas international, program pelatihan, program kedinasan baik di Indonesia atau di luar negri. “Informasi pendidikan ini sangat diperlukan agar mereka dapat memilih dan memilah perguruan tinggi mana yang sesuai dengan minat dan mampu mengantarkan mereka pada cita-citanya” tuturnya.

Pada pameran pendidikan ini, stan Kemenristekdikti menyediakan berbagai informasi penting mengenai program yang dimiliki Kemenristekdikti, antara lain informasi mengenai program Beasiswa Bidikmisi, Program Afirmasi Pendidikan, Beasiswa PPA, serta program lainnya yang dibutuhkan oleh para calon mahasiswa. Para pengunjung yang mayoritas berasal dari siswa tahun akhir Sekolah Menengah Atas dan sederajat yang akan mulai mendaftar ke perguruan pada pertengahan tahun ini dapat memperoleh informasi mengenai persyaratan yang dibutuhkan untuk mengakses program beasiswa yang disiapkan Kemenristekdikti.

Para pengunjung juga dapat melakukan pengecekan terhadap legalitas perguruan tinggi yang akan mereka tuju melalui laman Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (forlap.ristekdikti.go.id) yang telah disiapkan oleh panitia pameran Kemenristekdikti. Dengan demikian, calon mahasiswa dapat terhindar dari perguruan tinggi abal-abal ataupun tidak memiliki izin. Stan Kemenristekdikti juga menyediakan Klinik Konsultasi SNMPTN dan SBMPTN. Melalui klinik ini, pengunjung dapat berkonsultasi langsung dengan Panitia SNMPTN dan SBMPTN 2018 mengenai pertanyaan ataupun kendala yang mereka miliki.

 

Dwi Rizqa Ananda
Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik
Kemenristekdikti

Galeri